Ahad 03 Sep 2023 19:42 WIB

Berikut Agenda Lengkap KTT ASEAN-43 yang Dihelat di Jakarta

Sebanyak 22 negara akan berpartisipasi dalam KTT ASEAN ke-43 Jakarta.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Gita Amanda
Pekerja memasang baliho KTT ASEAN di tiang bekas proyek Monorel di Jalan Rasuna Said, Jakarta, Ahad (3/9/2023). Berbagai persiapan dilakukan panitia jelang pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 yang berlangsung pada 5-7 September 2023. Salah satunya yaitu memasang baliho/spanduk di sejumlah titik untuk memerihakan pelaksanaan KTT ASEAN.
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja memasang baliho KTT ASEAN di tiang bekas proyek Monorel di Jalan Rasuna Said, Jakarta, Ahad (3/9/2023). Berbagai persiapan dilakukan panitia jelang pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 yang berlangsung pada 5-7 September 2023. Salah satunya yaitu memasang baliho/spanduk di sejumlah titik untuk memerihakan pelaksanaan KTT ASEAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 September 2023. Sebanyak 22 negara akan berpartisipasi dalam KTT. Mereka terdiri dari 11 negara ASEAN dan sembilan negara mitra. Dua negara lainnya yang diundang adalah Bangladesh sebagai ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Kepulauan Cook selaku ketua Pasific Island Forum (PIF).

Serangkaian pertemuan telah digelar pada Sabtu dan Ahad (2-3 September 2023). Pada Sabtu, digelar Meeting of the Comitee of Permanent Representatives to ASEAN (CPR) di Sekretariat ASEAN di Jakarta dan Welcoming Dinner for the ASEAN Seniors Officials’ Meeting (SOM) di Hotel Fairmont, Jakarta.

Baca Juga

Pada Ahad digelar ASEAN SOM secara tertutup di Sekretariat ASEAN. Selanjutnya ada pertemuan 23rd ASEAN Economic Community Council Meeting (Retreat) dan 23rd ASEAN Economic Community Council Meeeting (Plenary) di Hotel St.Regis Jakarta. Kedua pertemuan itu pun dilaksanakan tertutup. 

Sementara pada Senin (4/9/2023) akan digelar ASEAN Foreign Minister’s Meeting di Sekretariat ASEAN. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan memimpin pertemuan tersebut. Pertemuan lainnya yang bakal digelar Senin adalah 27th ASEAN Political-Security Community (APSC) Meeting dan 34th ASEAN Coordinating Council (ACC) Meeting. Agenda lainnya adalah Signing Ceremony of the Instrument of Accession to the Treaty of Amity and Cooperation in South East Asia (TAC) dan Signing Ceremony of the MoU Between ASEAN Secretariat and the IORA dan ASEAN and PIF. 

 

photo
Warga berolahraga di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (3/9/2023). Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin pada ahad (3/9/2023). Peniadaan CFD karena adanya rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang berolahraga di sekitaran Bundaran HI Ada yang berjalan santai, berlari maupun bersepeda. - (Republika/Prayogi)

 

Hari pertama KTT bakal digelar pada Selasa (5/9/2023). Acara diagendakan dibuka Presiden Joko Widodo. Tedapat beberapa pertemuan yang bakal dilaksanakan di JCC pada Selasa, yakni 43rd ASEAN Summit (Plenary Session), 43rd ASEAN Summit (Retreat Session). Pertemuan lainnya akan digelar di Hotel Mulia, yaitu Opening of ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF). 

Kemudian pertemuan pada Rabu (6/9/2023), yakni 26th ASEAN-China Summit, 24th ASEAN-Republic of Korea Summit, 26th ASEAN-Japan Summit, 26th ASEAN Plus Three Summit, ASEAN-United States Summit, ASEAN-Canada Summit. Agenda Rabu akan ditutup dengan jamuan makan malam di Hutan Kota Kompleks GBK yang dipimpin Presiden Jokowi.

Sementara di hari terakhir KTT, yakni Kamis (7/9/2023), pertemuan yang bakal digelar adalah 20th ASEAN-India Summit, 18th East Asia Summit, 3rd ASEAN-Australia Summit, dan 13th ASEAN-United Nations Summit. Selanjutnya terdapat upacara penutupan. Agenda KTT akan diakhiri dengan konferensi pers oleh Presiden Jokowi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement