Selasa 29 Aug 2023 17:17 WIB

Gubernur Kalbar: Literasi Bantu UMKM Pandai Mengakses Layanan Keuangan

Sebab upaya tersebut dapat menciptakan efek yang lebih luas lagi.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Seorang pengunjung mengamati produk aksesoris dalam Pameran UMKM Saprahan Khatulistiwa di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (7/7/2022) (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Seorang pengunjung mengamati produk aksesoris dalam Pameran UMKM Saprahan Khatulistiwa di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (7/7/2022) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan anggota Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FK-PPPK) lainnya karena memiliki perhatian yang tinggi atas upaya meningkatkan program literasi keuangan. Hal itu agar mampu menjangkau masyarakat lebih luas lagi terutama pelaku UMKM sehingga pandai mengakses layanan di lembaga keuangan yang berizin di OJK. 

Sutarmidji menilai, upaya tersebut dapat menciptakan efek yang lebih luas lagi. Tidak hanya mampu meningkatkan akses permodalan tetapi juga dapat berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian di wilayah Kalimantan Barat. 

Baca Juga

"Inovasi-inovasi produk UMKM banyak, tinggal bagaimana masalah jangan sampai Bapak Ibu pelaku usaha tidak paham akses permodalan, akibatnya Bapak Ibu pelaku UMKM mendapat modal dari yang tidak legal dan tidak logis. Ini betul, dua hal ini harus dipertimbangkan, jangan asal dapat modal," ungkap Sutarmidji, Selasa (29/8/2023).

Melalui penyelenggaraan program Like It diharapkan mampu mendorong literasi keuangan masyarakat, meningkatkan basis investor ritel, dan memperkuat pengembangan sektor keuangan Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerja sama dalam Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FK-PPPK) menyelenggarakan Like It. Acara tersebut akan berlangsung sebanyak tiga  series pada 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berinvestasi di dalam negeri. Baik melalui instrumen konvensional maupun syariah serta memperluas akses dan pemanfaatan produk atau layanan jasa keuangan.

Selanjutnya sebagai penutup rangkaian kegiatan Like IT 2023, Kementerian Keuangan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Like IT series ketiga pada 7 September di Surabaya yang mengusung tema Generasi Muda Indonesia, Cerdas Berwirausaha dan Berinvestasi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement