Sabtu 26 Aug 2023 10:43 WIB

Cerita Roy Inzaghi, Mahasiswa Berprestasi UMM yang Meninggal Sebelum Wisuda

Pihak UMM mengembalikan semua biaya kuliah ke orang tua Roy.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Teguh Firmansyah
Orang tua dari Roy Inzaqhi Saputra menghadiri prosesi wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Roy merupakan mahasiswa UMM yang meninggal dunia sebelum wisuda karena sakit.
Foto: undefined
Orang tua dari Roy Inzaqhi Saputra menghadiri prosesi wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Roy merupakan mahasiswa UMM yang meninggal dunia sebelum wisuda karena sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Roy Inzaqhi Saputra, itulah nama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tidak dapat menghadiri kegiatan wisuda di UMM pada 24 Agustus 2023. Hal ini karena Roy meninggal beberapa saat sebelum wisuda karena sakit. 

Saat menutup prosesi wisuda, Rektor UMM Profesor Fauzan mengajak para wisudawan, orang tua dan tamu untuk mendoakan Roy. Dia berharap dan mendoakan agar almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya.

 

"Sebagai wujud belasungkawa UMM pada ananda, maka seluruh biaya yang telah dibayarkan selama menempuh pendidikan di UMM akan kami kembalikan kepada orang tuanya,” kata Fauzan dalam pesan resmi yang diterima Republika. 

 

Kedua orang tua Roy juga diundang naik ke panggung untuk menerima ijazah. Rektor UMM secara langsung memberikannya didampingi para wakil rektor. 

 

Adapun Roy merupakan mahasiswa berprestasi. Ia bahkan lulus tanpa skripsi berkat penelitiannya yang mampu menembus jurnal Sinta I. Hal itu membuatnya tidak perlu menempuh skripsi karena program ekuivalensi. 

 

Tahun 2019 menjadi tahun pertama Roy menapaki jati diri sebagai mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Teknik. Ia dikenal dengan keramahannya pada semua teman. Apalagi dengan keaktifannya mengikuti organisasi selama menimba ilmu. 

 

Meskipun aktif di organisasi, ia sukses mencapai IPK sebesar 3,93. Itu bukan raihan yang mudah bagi kebanyakan mahasiswa jurusan teknik. 

 

Penelitian yang ia lakukan juga berhasil menembus jurnal terindeks. Penelitiannya berjudul “Evaluation of the Usability Learning Management System during the Covid-19 Pandemic Using the Scale System”. Itu menjadi bukti dari hasil ketekunan serta tekat yang kuat dalam menjalani proses selama proses perkuliahan untuk menjadi kebanggaan kedua orang tua.

 

Hingga akhir hayatnya, dia mendapatkan tempat khusus di hati teman-teman, dosen, dan kedua orangtuanya. Meskipun ia sudah tiada, ia telah sukses meraih gelar sarjana komputer. Dia juga mampu menebar manfaat melalui penelitian-penelitian dan kebaikannya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement