Jumat 25 Aug 2023 23:00 WIB

Riset Smart City UI Dorong Inovasi Pertanian di Jabar 

Smart City UI berupaya gali peran perguruan tinggi wujudkan inovasi pertanian.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dalam upaya mendorong inovasi pertanian yang holistik, Smart City Universitas Indonesia (UI) melakukan kolaborasi penelitian dengan University of Notre Dame dan USAID.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Dalam upaya mendorong inovasi pertanian yang holistik, Smart City Universitas Indonesia (UI) melakukan kolaborasi penelitian dengan University of Notre Dame dan USAID.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam upaya mendorong inovasi pertanian yang holistik, Smart City Universitas Indonesia (UI) melakukan kolaborasi penelitian dengan University of Notre Dame dan USAID. Fokus riset itu adalah menggali peran perguruan tinggi dalam mewujudkan ekosistem inovasi pertanian yang dinamis di Jawa Barat sebagai bagian dari proyek Higher Education Institutions Generating Holistic and Transformative Solutions atau Heights.

 Untuk membagikan hasil penelitian yang telah dicapai dan mengumpulkan umpan balik dari berbagai pihak terkait, Smart City UI menggelar diseminasi hasil riset ini di Hotel Aloft TB Simatupang, Jakarta Selatan (23/8/2023). Diseminasi hasil riset itu dihadiri oleh 29 peserta yang merupakan pimpinan dan direktorat inovasi perguruan tinggi yang menjadi sampel.

Rangkaian acara dibuka dengan sambutan dari Direktur Program HEIGHTS Indonesia, Heri Hermansyah, dan perwakilan dari USAID Mission Indonesia, Donald Tambunan. Keduanya memberikan pandangan awal tentang proyek dan pentingnya sinergi dalam inovasi pendidikan.

Heri yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik UI dan Advisor Smart City UI, mengungkapkan pentingnya keterlibatan aktif perguruan tinggi dalam ekosistem inovasi pertanian di Jawa Barat menjadi pilar fundamental dalam mewujudkan transformasi sektor pertanian.

"Temuan riset yang kami sampaikan menggambarkan potensi luar biasa kolaborasi ini untuk menciptakan solusi-solusi berkelanjutan dan revolusioner. Kami berharap hasil ini menjadi pijakan bagi langkah-langkah lebih lanjut dalam memperkuat sinergi antara institusi pendidikan dan pihak-pihak terkait di sektor pertanian demi masa depan pertanian Indonesia yang lebih berkelanjutan dan inovatif," kata Heri.

Sementara itu, Kepala Peneliti Proyek HEIGHTS Indonesia, Ahmad Gamal,  memaparkan garis besar hasil penelitian serta temuan yang menonjol. Dalam pembahasannya, dia menekankan, tujuan utama riset adalah mendorong inovasi yang lebih mendalam, menciptakan ruang bagi pertumbuhan individu yang telah teredukasi.

”Inovasi seharusnya menjadi sarana bagi pengguna untuk memahami metode baru, sehingga memiliki keterampilan yang relevan dengan dunia nyata,” ujar Gamal.

Dari kegiatan diseminasi hasil penelitian itu, Smart City UI memperoleh umpan balik dari hasil diskusi konstruktif dengan seluruh peserta mengenai temuan-temuan kunci yang telah berhasil ditemukan oleh tim peneliti. Kedepannya hasil dari penelitian Smart City UI dapat digunakan untuk memperkuat sinergi kolaboratif, serta menggairahkan pertumbuhan ekosistem inovatif yang semakin tangguh di sektor pertanian Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement