Rabu 23 Aug 2023 14:49 WIB

Bandara Lombok Buka Rute Baru Penerbangan Baru Tujuan Malaysia

Penerbangan langsung ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisman ke NTB.

Penumpang berfoto di depan tulisan Lombok di Bandara Udara Internasional Lombok Zainudin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang berfoto di depan tulisan Lombok di Bandara Udara Internasional Lombok Zainudin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai melayani rute penerbangan internasional baru dari Lombok (LOP) menuju Kuala Lumpur (KUL) Malaysia dengan maskapai Super Air Jet.

"Mulai hari ini (Red-Rabu) penerbangan perdana rute baru LOP-KUL sudah dilakukan," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Rahmat Adil, saat acara peluncuran penambahan rute penerbangan tersebut di area ruang tunggu penumpang Internasional Bandara Lombok, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga

Dalam kegiatan ini dilakukan prosesi pengalungan bunga kepada lima orang perwakilan penumpang Super Air Jet nomor penerbangan IU160. Pada penerbangan perdana ini tercatat ada 141 penumpang yang akan bertolak ke Kuala Lumpur.

"Penerbangan Lombok-Kuala Lumpur ini menggunakan armada pesawat Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi dengan frekuensi tujuh kali sepekan," kata Adil.

Untuk jadwal nya, Super Air Jet nomor penerbangan IU160 akan berangkat dari Lombok pukul 06.15 Wita dan tiba Kuala Lumpur pukul 09.25 waktu setempat. Sedangkan, Super Air Jet nomor penerbangan IU161 akan berangkat dari Kuala Lumpur pukul 16.50 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 20.00 Wita.

Dengan tambahan penerbangan ini, artinya saat ini ada tiga maskapai yang melayani rute internasional dari Lombok, yaitu AirAsia (Lombok-Kuala Lumpur), Scoot (Lombok-Singapura), dan Super Air Jet (Lombok-Kuala Lumpur).

"Kami menyambut baik dengan hadirnya pilihan penerbangan baru bagi pengguna jasa di Bandara Lombok ini. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelaku perjalanan dari Lombok, NTB untuk menuju Kuala Lumpur, Malaysia dan sebaliknya," ujar dia.

Menurut Adil, dengan adanya tambahan konektivitas langsung Lombok-Kuala Lumpur ini, diharapkan akan semakin banyak lagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lombok dan NTB. Apalagi selain memiliki kekayaan alam, keragaman budaya, dan destinasi pariwisata yang unik, Lombok juga merupakan tuan rumah bagi kegiatan internasional serta ajang bergengsi kelas dunia, salah satunya ajang balap motor MotoGP yang akan digelar pada Oktober 2023 mendatang.

"Kami berharap akan makin banyak lagi rute-rute penerbangan lain yang hadir di Bandara Lombok, sehingga akan mendorong peningkatan kegiatan pariwisata dan mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi NTB," kata Adil.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement