Rabu 23 Aug 2023 07:13 WIB

ITB Klaim Tema Pelangi OSKM ITB tidak Berhubungan dengan Lambang LGBT

Panitia telah mengganti kegiatan Orasi Pelangi menjadi Orasi Warna-Warni.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus raharjo
Pihak ITB menggelar konferensi pers bersama awak media untuk mengklarifikasi adanya kampanye isu LGBT dalam kegiatan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM), Selasa (22/8/2023).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Pihak ITB menggelar konferensi pers bersama awak media untuk mengklarifikasi adanya kampanye isu LGBT dalam kegiatan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM), Selasa (22/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Direktur Kemahasiswaan ITB, Prasetyo G Adhitama, mengeklaim tema pelangi yang diangkat dalam pelaksanaan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) ITB tahun 2023 tidak memiliki hubungan dengan simbol kelompok LGBT. Dia menjelaskan, tema pelangi tersebut menunjukkan makna kebhinekaan dan keragaman pada bidang prodi mahasiswa.

"Bahkan itu tradisi yang sudah lama digunakan untuk menggambarkan keragaman, jauh sebelum pelangi menjadi simbol LGBT itu," tutur Prasetyo dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Gedung Rektorat ITB Bandung, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

Namun, karena tema ini menuai respons keras dari masyarakat, pihak ITB dan panitia OSKM segera melakukan evalusi. Alhasil, tema tersebut dirubah, begitu juga nama kegiatan yang awalnya bernama orasi pelangi menjadi orasi warna-warni.

"Panitia menyadari itu dan akhirnya kami mengubah rundown nama kegiatannya itu menjadi orasi warna-warni yang sebelumnya diberi nama orasi pelangi," ujarnya.

"Jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan lambang LGBT. Dan kami juga tidak menemukan bukti-bukti ada usaha yang diisukan oleh masyarakat," kata Prasetyo menambahkan.

Sementara itu, beredarnya kabar penyisipan nilai-nilai LGBT dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (PMB) ITB telah ramai diperbincangkan di sosial media. Ketua Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITB (PP IA-ITB) Akhmad Syarbini menyatakan, nilai-nilai itu dapat menjadi salah satu mata rantai kampanye atas penyimpangan perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur ketuhanan, kebangsaan, dan muruah institusi yang wajib dijunjung tinggi oleh segenap anak bangsa.

Petisi dari alumni ITB...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement