Senin 21 Aug 2023 15:57 WIB

Meski Anggaran Terbatas, Diskominfo Babel Tetap Berakselerasi dan Berprestasi

Akselerasi, dan inovasi akan terus dilakukan Babel untuk memberikan layanan terbaik.

Diskominfo Babel berhasil menorehkan sejumlah penghargaan, mengalahkan provinsi lain yang anggarannya sangat jor-joran.
Foto: Pemprov Babel
Diskominfo Babel berhasil menorehkan sejumlah penghargaan, mengalahkan provinsi lain yang anggarannya sangat jor-joran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Diskominfo Kepulauan Babel) melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP), terus meningkatkan tugas, dan fungsinya dalam melaksanakan penyebarluasan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat.

Strategi publikasi yang efektif dan kreatif selalu dilahirkan Bidang IKP Diskominfo Kep. Babel untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, meski disadari pendanaan untuk melakukan upaya itu sangatlah minim. Tercatat, dari data yang ada, anggaran IKP Diskominfo Babel adalah nomor 11 terendah, jika diurutkan dari anggaran Bidang IKP Provinsi se-Indonesia.

Baca Juga

Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat untuk berinovasi, melaksanakan program dan kegiatan, baik memanfaatkan media sosial, berkolaborasi dengan media, mengadakan acara daring atau offline, serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada.

Dibanding dengan daerah lain misalnya, anggaran Bidang IKP Diskominfo dinilai terlalu kecil untuk ukuran sebuah daerah kepulauan, yang harus menjangkau seluruh wilayah. Namun, justru dengan keterbatasan anggaran tersebut, dengan mengupayakan seluruh sumberdaya yang ada, Diskominfo Kepulauan Babel melalui akselerasinya dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Bahkan, Diskominfo Babel berhasil menorehkan sejumlah penghargaan, mengalahkan provinsi lain yang anggarannya sangat jor-joran. Torehan penghargaan yang diterima oleh Diskominfo Kepulauan Babel tersebut antara lain : 

1. Terbaik I Kategori Media Sosial dalam Penghargaan Anugerah Media Humas Tahun 2022 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (24 November 2022).

2. Nominasi 6 besar kategori website dalam Penghargaan Anugerah Media Humas Tahun 2022 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (24 November 2022).

3. Terbaik III Kategori Reportase dalam Penghargaan Indonesia Persada.ID Award III Tahun 2022 oleh Indonesiapersada.id (18 Oktober 2022).

4. Nominasi lima besar dalam kategori Radio Peduli Bencana Terbaik dalam Penghargaan Indonesia Persada.ID Award III Tahun 2022 oleh Indonesiapersada.id (18 Oktober 2022).

5. Terbaik ke-4 Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 dengan klasifikasi Informatif oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (14 Desember 2022).

Penghargaan yang diterima oleh Diskominfo Babel ini menunjukkan pengakuan atas upaya, dan prestasinya dalam mengelola informasi dan komunikasi. Penghargaan tersebut juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan juga sebagai dorongan untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik.

Namun, atas capaian itu, tidak lantas membuat Diskominfo Kepulauan Babel berpuas diri. Akselerasi, dan inovasi akan terus dilakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement