Ahad 20 Aug 2023 20:18 WIB

Jasa Marga: Gerbang Tol Gedebage Dibuka Secara Fungsional

PT Jasa Marga sebut gerbang tol Gedebage KM 149 dibuka secara fungsional.

Foto udara gerbang keluar Jalan Tol Purbaleunyi di KM 149, Gedebage, Kota Bandung. PT Jasa Marga sebut gerbang tol Gedebage KM 149 dibuka secara fungsional.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Foto udara gerbang keluar Jalan Tol Purbaleunyi di KM 149, Gedebage, Kota Bandung. PT Jasa Marga sebut gerbang tol Gedebage KM 149 dibuka secara fungsional.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) menyampaikan akses masuk dan keluar tol Gedebage KM 149 di ruas Padalarang-Cileunyi yang mulai dibuka pada 19 Agustus 2023, adalah dibuka secara fungsional atau sementara.

"Jadi akses Gedebage itu dibuka secara fungsional atau sementara, untuk mendukung lalu lintas di kawasan tersebut," kata Toll Collection Management Departement Head RO3 JMT PT Jasa Marga, Agni Mayvinna, saat dihubungi di Bandung, Ahad (20/8/2023).

Baca Juga

Dengan demikian, kata Agni, akses Tol Gedebage yang kini hanya dibuka pada pukul 07.00-17.00 WIB tersebut, bisa sewaktu-waktu dilakukan pembukaan dan penutupan.

"Dan juga atas arahan Kementerian PUPR dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)," ucapnya.

Diketahui, JMT yang juga mengelola ruas tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) kembali mengoperasikan sementara akses masuk dan keluar KM 149 Ruas Tol Padaleunyi (Gedebage) mulai 19 Agustus 2023 dengan waktu 07.00-17.00 WIB.

Pihak JMT menyampaikan, pembukaan ini menindaklanjuti Surat dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, perihal Fungsional Lanjutan Akses KM 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

"Pembukaan akses Tol KM 149 ini diberlakukan khusus untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non bus yang menuju Gedebage atau destinasi lain di sekitarnya," tulis JMT dalam unggahan di sosial media resmi mereka.

Pengoperasian sementara ini, diungkapkan pihak JMT, dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai tambahan alternatif akses menuju destinasi populer di sekitar wilayah tersebut, seperti Masjid Raya Al-Jabbar dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Ketika ditanya apakah pembukaan ini untuk mendukung operasional kereta cepat Jakarta Bandung yang rencananya akan diujicoba operasional pada September mendatang, pihak Jasa marga menampiknya.

"Sejauh ini masih untuk  destinasi di sana seperti GBLA dan Masjid Al-Jabbar, belum ke arah sana (kereta cepat)," ucapnya.

Selama pengoperasian sementara ini, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses km 149 tersebut sebelum nantinya diserahterimakan oleh Kementerian PUPR kepada Jasa Marga untuk dapat beroperasi secara penuh.

Sebelumnya, untuk memperlancar arus mudik, PT Jasamarga membuka exit tol KM 149 Gedebage pada April 2023 lalu sebagai upaya antisipasi peningkatan volume lalu lintas di gerbang tol Cileunyi selama musim mudik ataupun arus balik lebaran 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement