Jumat 18 Aug 2023 07:56 WIB

Program Menarik PAN Tawarkan Ekonomi Kerakyatan dan Peduli UMKM

Menghadirkan beragam program, PAN memiliki kepedulian tinggi terhadap UMKM.

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berjualan di Kota Bandung, Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berjualan di Kota Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) dianggap memiliki kepedulian tinggi terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menghadirkan beragam program. Hal tersebut yang membuat pengusaha muda Tom Liwafa tertarik bergabung dengan PAN.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Dapil Jatim I tersebut mengaku, memiliki kesamaan visi dan program terhadap UMKM dengan partai besutan Zulkifli Hasan (Zulhas) tersebut. Hal tersebut yang membuatnya tertarik maju berebut kursi Senayan lewat PAN. 

"Saya merasa terpanggil. Terus juga menyampaikan rencana kegiatan UMKM, saya merasa chemistry-nya dekat banget," kata Tom dalam siaran pers PAN di Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Salah satu kesamaan adalah terus mendorong UMKM semakin go digital. Seperti diketahui Ketua Umum PAN Zulhas selaku Menteri Perdagangan memiliki program percepatan digitalisasi di 1.000 pasar rakyat dan satu juta pedagang pada periode 2022-2024.

Dorongan tersebut karena melihat potensi ekonomi yang besar dari dunia digital. Berdasarkan riset Google yang menyebut nilai ekonomi lokal pasar mencapai 59 miliar dolar AS pada 2022 atau setara 76,62 persen dari total nilai ekonomi digital Indonesia yang besarnya 77 miliar dolar AS.

Meurut Tom, PAN juga memiliki visi yang jelas di bidang ekonomi kerakyatan. Pasalnya, PAN selama ini banyak berfokus terhadap perekonomian masyarakat kelas bawah yang memang perlu perhatian dari pemerintah. "Bagi saya visi misi PAN, khususnya di bidang ekonomi kerakyatan sama dengan visi misi saya selama ini," ucap Tom.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement