Kamis 17 Aug 2023 19:32 WIB

Aksi Iseng Menteri PUPR di HUT RI, Erick: Tiba-Tiba Pak Basuki Pegang, Saya Kaget

Menurut Erick, tingkah laku Menteri Basuki itu memang jail.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Aksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang iseng dengan pakaian Menteri BUMN Erick Thohir menjadi trending topic.
Foto: Tangapan layar di Instagram Republika
Aksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang iseng dengan pakaian Menteri BUMN Erick Thohir menjadi trending topic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat penyelenggaraan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka pagi ini, ada momen lucu antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah prosesi pengibaran bendera Merah Putih, Basuki terlihat tiba-tiba mengecek baju adat yang dipakai Erick Thohir. Aksi Menteri Basuki itu pun menyita banyak perhatian publik.

Setelah menghadiri upacara penurunan bendera merah putih pada sore hari, Erick Thohir pun kemudian menceritakan aksi jail sang menteri PUPR itu.

Baca Juga

"Yang pasti tadi pas saya berdiri, tiba-tiba Pak Basuki megang, saya kaget-kaget, jadi viral," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/8/2023).

Erick mengatakan, pakaian adat yang dikenakannya pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tadi pagi yakni pakaian organisasi Budi Utomo tahun 1907.

"Tadi pakaian organisasi Budi Utomo tahun 1908, organisasi pertama merupakan kebangkitan nasional waktu itu," jelas Erick.

Menurutnya, pakaian Budi Utomo tersebut tepat dikenakan di momen peringatan hari raya kemerdekaan RI ke-78. Sebab organisasi Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan pemuda, sedangkan mayoritas penduduk Indonesia saat ini juga berusia muda.

"Saya rasa momennya tepat, ya, karena kita tahu itu kan organisasi pergerakan pemuda dan hari ini juga mayoritas penduduk Indonesia berusia muda dan kita dalam proses transisi ke Indonesia maju, jadi sama lah momentumnya," ujar Erick.

Menurut Erick, tingkah laku Menteri Basuki itu memang jail. Namun, menurut dia, hal itu biasa dilakukan antara dirinya dengan Basuki.

"Ya, memang jail, kalau saya sama Pak Basuki pasti jail-jailan," kata dia sambil tertawa.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku saat itu dirinya hanya ingin mengecek pakaian adat yang dikenakan Erick. Ia mengatakan penasaran dengan baju yang dikenakan Erick.

"Itu kan saya bilang ini baju apa? Budi Utomo katanya," kata Basuki.

Saat mengecek sambil memegang-megang pakaian Erick, Basuki mengaku ingin mengecek peniti di jas yang dikenakan Erick.

"Kan pakai jas tapi saya mau lihat penitinya, ternyata cuma satu. Jadi itu model Budi Utomo. Jadi bukan Jawa tapi Budi Utomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja," kata dia.

Dalam video saat upacara HUT RI yang viral di media sosial, Erick dan Basuki tampak duduk bersebelahan. Keduanya saat itu tampak khidmat mengikuti upacara. Setelah prosesi pengibaran bendera selesai, kemudian para peserta upacara berdiri saat dikumandangkan lagu Andika Bhayangkari. Saat itulah Basuki terlihat melihat-lihat dan meneliti pakaian adat yang dikenakan Erick. Melihat tingkah laku Basuki, Erick pun hanya kaget dan tersenyum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement