Rabu 16 Aug 2023 19:07 WIB

Semarak Merayakan Hari Kemerdekaan di Daerah Perbatasan Kepulauan Riau

Warga di perbatasan menyemarakkan hari kemerdekaan.

Pawai kemerdekaan di Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau
Foto: Antara
Pawai kemerdekaan di Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Warga di pulau Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau, memeriahkan HUT ke-78 RI dengan menggelar pawai budaya. Camat Belakangpadang Yudi Admajianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan pada saat HUT RI, bahkan kegiatan itu sudah diterapkan sejak puluhan tahun silam.

"Alhamdulillah, setiap tahun itu selalu antusias, bahkan warga-warga dari pulau-pulau lain juga meramaikan kemerdekaan disini," kata Yudi di Batam, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga

Pawai budaya tersebut diikuti oleh ratusan masyarakat Pulau Belakangpadang mulai dari anak sekolah di tingkat PAUD hingga orang-orang dewasa yang merupakan warga setempat.

Adapun sejumlah tema yang dihadirkan oleh peserta pawai budaya, di antaranya menggunakan pakaian adat nusantara Indonesia, pakaian profesi, pakaian dari limbah daur ulang, hingga pasukan drumband.

Yudi menyebutkan karnaval dan pawai budaya yang dilaksanakan bertujuan untuk mengingat sejarah bahwa sebelum terbentuknya Kota Batam, upacara HUT RI dilaksanakan di Pulau Belakangpadang.

"Jadi, memang kita menjaga itu untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kita satu keberagaman kemudian nasionalisme di perbatasan," ujar dia.

Kata dia, adapun rangkaian perlombaan di mulai tanggal 15 Agustus hingga 18 Agustus 2023 di Pulau Belakangpadang.

Kemudian, pada 17 Agustus ada perlombaan sampan layar yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu polek (orang) 5, polek 7, dan polek 9. Kemudian ada lomba ketinting dan lomba kapal cepat.

"Tahun ini lomba perahu layarnya itu ditambah, ada perahu nelayan yang diisi dengan satu orang. Jadi, ada dua kategori, yaitu perahu standar dan untuk racing atau spot. Itu akan dilombakan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement