Rabu 16 Aug 2023 10:20 WIB

Cara Polwan Edukasi Masyarakat Cegah Kekerasan Seksual

Polwan berkomitmen memberdayakan dan mengedukasi wanita agar terhindar dari kekerasan

Ilustrasi Polwan.
Foto: ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Ilustrasi Polwan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi Wanita (Polwan) RI memberikan edukasi kepada ratusan mahasiswa di Universitas Tarumanegara Jakarta tentang cara mencegah terjadi tindak pidana kekerasan seksual di kampus, beberapa hari lalu.

"Kami ingin memberikan edukasi, sosialisasi, dan ilmu pengetahuan bagaimana mencegah aksi kekerasan atau kejahatan seksual di lingkungan kampus. Jika sudah menjadi korban, untuk tak ragu melaporkan kepada pihak berwajib," kata Ketua Pelaksana HUT Ke-75 Polwan RI Kombes Pol. Kus Sri Wahyuni.

Baca Juga

Kegiatan edukasi yang melibatkan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) serta UPTD PPA dihadiri sekitar 100 lebih mahasiswa itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-75 Polwan RI, berisikan materi Sinergitas Satgas PPKS Pencegahan Penanganan Kekerasan Seksual.

Kus mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kontribusi polwan dalam melayani masyarakat serta pemangku kepentingan terkait dalam tugas kepolisian.

"Kami hanya bisa berharap semoga pada tahun 2023 sudah berumur 75 tahun bisa berkontribusi kepada masyarakat, kemudian bisa memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang kami layani beserta stakeholder yang terkait," kata Kus.

Dalam kegiatan tersebut, Kus bersama dari Reskrim Polda Metro Jaya dan tim kesehatan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin bertanya guna memperkuat Satgas Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

Hari Jadi Ke-75 Polwan RI mengangkat tema Polri Presisi untuk Negeri, Polwan Siap untuk Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju ini, dia berharap kehadiran Polri, khususnya polwan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam acara ini, ada pembacaan deklarasi setop kekerasan seksual di lingkungan kampus yang diikuti seluruh peserta yang hadir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement