Jumat 11 Aug 2023 10:37 WIB

Kenalkan Dunia Industri, Coworking Space PKT Hadir di Fakultas Teknik UGM

Mahasiswa UGM di Fakultas Teknik dapat memanfaatkan coworking space dengan maksimal.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pupuk Kaltim menghadirkan Coworking Space Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM).
Foto:

Hanggara pun mengimbau mahasiswa UGM khususnya di Fakultas Teknik dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan optimal, agar kehadiran coworking space Pupuk Kaltim sebagai sarana pembelajaran ataupun diskusi makin mendorong pemahaman akademis dalam mewujudkan SDM andal dan berkompeten. Pupuk Kaltim secara korporasi senantiasa berkomitmen dalam mendukung pengembangan keilmuan, dengan meningkatkan kolaborasi bersama lembaga pendidikan tinggi dan menengah, guna mendorong penguatan kapasitas SDM Indonesia di berbagai bidang.  

"Pupuk Kaltim berpesan agar coworking space ini bisa dimanfaatkan maksimal oleh mahasiswa di Fakultas Teknik UGM, sebagai sarana diskusi dan bertukar pikiran akan berbagai hal yang sifatnya membangun," kata Hanggara.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM Arief Setiawan Budi Nugroho, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim terhadap peningkatan fasilitas akademik di Fakultas Teknik UGM. Arief menilai coworking space ini menjadi sarana efektif untuk sharing knowledge antar mahasiswa maupun bersama dosen, melalui suasana pembelajaran akademik yang lebih santai guna mendorong lahirnya beragam inovasi baru di bidang industri. 

Menurut Arief, sesuai dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa tidak hanya dituntut menguasai bidang ilmu secara monodisiplin, tapi juga bisa memahami secara komprehensif. Hal ini melihat tantangan pendidikan masa kini, dimana generasi tidak hanya berbicara bagaimana tentang menyelesaikan suatu persoalan dalam konteks satu bidang, tapi juga mampu melihat dengan aspek bidang ilmu lainnya.

"Inilah yang diharap dengan kehadiran coworking space, sebagai fasilitas bagi mahasiwa maupun dosen untuk saling bertukar wawasan akademik melalui keterpaduan dan kolaborasi antara dunia kampus dan industri. Sehingga inovasi itu bisa dimunculkan dari diskusi yang terjalin, guna menyikapi berbagai tantangan industri ataupun lainnya," ucap Arief. 

Arief memastikan coworking space Pupuk Kaltim akan dimanfaatkan maksimal dalam mendukung perkuliahan akademik di Fakultas Teknik UGM, seperti Case Based Learning guna membangun empati serta nalar kritis mahasiswa dalam menyikapi berbagai persoalan dari sudut pandang berbeda. Hal ini sangat didukung pihak kampus sesuai program MBKM, terkait berbagai hal yang diharap mampu memberikan kontribusi terhadap suatu permasalahan yang dihadapi, baik dunia usaha dan industri hingga pemerintahan, dengan pendekatan pembelajaran secara konstruktif. 

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim melalui coworking space  untuk pengembangan keilmuan secara komprehensif di Fakultas Teknik UGM. Semoga kerja sama dan sinergi ini terus berkesinambungan pada berbagai bidang lainnya," kata Arief.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement