Rabu 09 Aug 2023 14:45 WIB

Kembangkan Bakat Pemuda di E-Sports, Ganjar Milenial Center Gelar Turnamen

Para peserta bercita-cita menjadi atlet e-sports.

Turnamen Mobile Legends di Kedai Ropispang Sekawan, Jalan Lapangan Serbaguna, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Turnamen Mobile Legends di Kedai Ropispang Sekawan, Jalan Lapangan Serbaguna, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kelompok relawan GMP berkomitmen turut mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas para pemuda-pemudi generasi Z di berbagai kota di Indonesia melalui program-program yang bermanfaat serta menarik.

Kali ini, GMP menggelar turnamen Mobile Legends di Kedai Ropispang Sekawan, Jalan Lapangan Serbaguna, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.  Koordinator Daerah (Korda) GMP Kota Bekasi Budi Burhanudin mengatakan, pihaknya membuat program ini untuk mendukung kemajuan dan potensi anak muda di dunia e-sports tanah air dengan mengadakan turnamen itu. Pihaknya mendapatkan 16 tim yang lolos seleksi untuk ikut dalam perlombaan tersebut. Setiap tim terdiri atas lima orang.

Baca Juga

"Kami mengadakan kompetisi Mobile Legends se-Kota Bekasi, khususnya para pemuda yang terpilih. Banyak tim yang ingin ikut. Namun, kami seleksi lagi, kemudian muncul 16 tim yang paling bagus di kota ini," kata dia, seperti dilansir pada Rabu (9/8/2023).

Budi menjelaskan, dunia e-sports sekarang sangat digandrungi anak muda hingga dewasa. Karena itu, pihaknya mewadahi dan memfasilitasi hobi mereka dengan menghadirkan kegiatan tersebut.

"Kami berdiskusi dengan teman-teman bagaimana kami dari GMP berfokus pada kegiatan generasi Z dan milenial. Nah, sekarang ini yang paling digandrungi anak muda adalah e-sports Mobile Legends," ungkap Budi.

Menurut Budi, turnamen ini juga memberikan stimulasi kepada pemuda generasi Z agar dapat menjadi pemain profesional, sehingga terbuka kesempatan bagi mereka untuk bergabung dengan tim e-sports Mobile Legends di tanah air.

"Kami mewadahi atau memfasilitasi anak-anak muda ini untuk menyalurkan hobi dan bakat mereka. Ke depan mungkin bisa menjadi pemain profesional berbakat dalam Mobile Legends," ujarnya.

Budi menilai e-sports digadang-gadang sebagai industri yang ke depan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Mengingat, gim Mobile Legends sudah dipertandingkan dalam SEA Games dan Asian Games.

"Anak-anak Bekasi, khususnya pemuda milenial, menjadikan ini sebagai batu loncatan untuk ke depan menjadi atlet profesional. Diketahui, e-sports ini sangat populer di kalangan anak muda," tuturnya.

Dia berharap peserta yang telah ikut berkompetisi semakin bersemangat dalam mengembangkan hobi dan bakatnya. Dia juga berharap mereka ke depan dapat menjadi atlet e-sports profesional yang mengharumkan bendera Merah Putih di kancah Internasional.

"Harapannya, anak muda di Kota Bekasi jangan sampai terjerumus dalam narkoba. Karena itu, kami membuat turnamen agar mereka memiliki kegiatan positif semacam ini," katanya.

Dalam kesempatan ini, GMP juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024 dan mendoakannya agar bisa menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti.

Sementara itu, Bima Aditya sebagai peserta kompetisi sangat semringah dan bersemangat sekali karena hobinya telah diwadahi oleh GMP. 

"Sangat positif karena sesuai dengan ekspektasi kami sebagai anak muda. Tim-tim yang ikut juga ramah," ucapnya.

Bima berharap turnamen e-sports seperti ini dapat digelar di beberapa tempat. Apalagi, tren gim sport tersebut sedang digandrungi.

"Harapannya lebih banyak lagi turnamen-turnamen Mobile Legends di Bekasi. Semenjak pandemi korona ini, kegiatan lebih sering online. Sekarang jadi harus lebih digerakkan lagi. E-sports sekarang juga sedang naik-naiknya," ujarnya.

Setelah ikut ajang ini, Bima dan teman-temannya bermimpi menjadi atlet e-sports Mobile Legends dan bisa berkompetisi di ajang yang lebih tinggi, seperti MPL Indonesia. Selain itu, bisa membela Indonesia dalam kejuaraan dunia e-sports.

"Semoga bisa membawa nama Indonesia ke jenjang selanjutnya di dunia e-sports. Semoga yang lain juga bisa menyalurkan hobinya hingga mewakili Indonesia di turnamen internasional," katanya.

Koordinator Nasional GMP Rendra Wibawa Setiawan menjelaskan, loyalis mulai mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sejak Agustus 2022, terus aktif menjaring aspirasi masyarakat di Jawa Barat dengan berbagai aksi positif. "Kami memproyeksikan gerakan para kawula muda pendukung Ganjar di Jabar, dalam beberapa waktu ke depan bakal menggaet suara-suara masyarakat akar rumput hingga ke tingkat desa," kata dia, demikian dilansir dari Antara, Rabu (9/8/2023).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement