Rabu 09 Aug 2023 09:52 WIB

Beri Kuliah Umum di Unsoed, Gubernur STIN Ingatkan Gen Z Harus Bisa Jawab Tantangan Zaman

Generasi muda saat ini harus siap menghadapi tantangan yang terus berubah.

Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Mayjen TNI Djoko Andoko, SE MM memberikan kuliah umum di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Senin (7 Agustus 2023).
Foto: Dok. Republika
Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Mayjen TNI Djoko Andoko, SE MM memberikan kuliah umum di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Senin (7 Agustus 2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Mayjen TNI Djoko Andoko SE MM, memberikan kuliah umum pada acara Sidang Terbuka Senat Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Kuliah umum kali ini dengan tema "Eksistensi Soedirman Muda di Era Society 5.0 dalam Menyongsong Indonesia Emas".

Acara Kuliah umum ini diselenggarakan di Auditorium Graha Prof Rubijanto Misman, Unsoed, Purwokerto dan dihadiri oleh Jajaran Senat Akademik serta 7.261 Mahasiswa Baru Unsoed Tahun Akademik 2023/2024. 

Dalam kesempatan ini, Djoko Andoko menganalogikan, mahasiswa sebagai Soedirman muda yang berperan penting pada generasi saat ini, atau yang lebih dikenal dengan Generasi Z (Gen Z). Soedirman muda diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah era Society 5.0 dalam mewujudkan visi Presiden Joko Widodo mewujudkan Indonesia Emas pada Tahun 2045.

Djoko mengatakan, dengan mengetahui tantangan dan kekuatan yang telah dimiliki Gen Z, serta merumuskan strategi pengembangan IPTEK dan peningkatan kualitas mahasiswa, maka Soedirman muda akan mampu berdaya saing dalam era Society 5.0 dan mampu menghadapi semua tantangan di dunia kerja di masa depan.

"Saya harapkan Soedirman muda mampu memiliki karakter yang berjiwa besar, rela berkorban, pantang menyerah, berpendirian teguh, memiliki keberanian tinggi dan moral serta perilaku yang baik untuk menyambut Indonesia Emas 2045," kata Djoko dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (9/8/2023). 

Djoko Andoko juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang mengharapkan generasi muda saat ini harus siap menghadapi tantangan yang terus berubah dan berkembang. 

Menurut Djoko, tidak dapat dimungkiri bahwa mahasiswa selalu memiliki peran yang krusial dan strategis dalam perubahan dan perkembangan Indonesia. Maka dalam hal ini, Soedirman muda harus memiliki karakter Jenderal Soedirman yang selalu terdepan memimpin perang pada zamannya dengan gagah berani dan tanpa kenal rasa takut, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, profesional, dan tangguh menghadapi segala tantangan untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement