Rabu 02 Aug 2023 13:29 WIB

Universitas BSI Tingkatkan Kualitas Kurikulum dalam Studi Hubungan Masyarakat

Sinkronisasi kurikulum dilakukan dengan mitra usaha dan alumni.

Universitas BSI meningkatkan kualitas kurikulum dan capaian pembelajaran.
Foto: Dok. Universitas BSI
Universitas BSI meningkatkan kualitas kurikulum dan capaian pembelajaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka peningkatan kualitas kurikulum dan capaian pembelajaran, Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) gelar kegiatan Singkronisasi Kurikulum dengan Mitra Dunia Usaha Dunia Industri dan Alumni. Kegiatan ini diperuntukkan bagi tim unit pengembangan akademik Prodi Humas dalam pengembangan kurikulum pembelajaran dan capaian pembelajaran yang sinkron dengan perkembangan dan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Jojo S Nugroho selaku ketua umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) dan Managing Director Imogen PR menyampaikan dalam materinya bahwa saat ini perkembangan teknologi dan informasi ada hal yang baru, yakni adanya artificial inteligent (AI). AI dikenal sebagai teknologi yang memiliki potensi besar untuk mengubah kehidupan manusia di masa depan. Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan. 

Baca Juga

“Saat ini berbagai macam dunia industri dan usaha tengah memanfaatkan dan menerapkan AI itu dalam membantu pekerjaan mereka. Salah satu product AI adalah chat GPT, sudah banyak digunakan dan diterapkan dalam berbagai dunia industri seperti dunia kehumasan saat ini,” kata Jojo, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/8/2023).

Sementara itu, Muhammad Handar selaku Brain Academy by Ruang Guru dan Wakil Ketua Komite Litbang Pusat MAFINDO sebagai narasumber kedua mengatakan bahwa sebagai alumni Prodi Hubungan Masyarakat KampuUniversitas BSI menyampaikan bahwa banyak manfaat yang diperoleh selama kuliah di Universitas BSI.

“Merasakan manfaat apa yang dipelajari selama kuliah di prodi Hubungan Masyarakat. Manfaat ini dirasakannya ketika  memasuki dunia kerja saat ini. Masukan yang diharapkan kedepannya untuk pengembangan kurikulum yakni adanya mata kuliah manajemen brand, analisis sosial media dan literasi digital (etika digital, budaya digital, keterampilan digital dan keamanan digital),” ujarnya. 

Sementara itu, Ita Suryani selaku Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sharing dan diskusi terkait apa yang menjadi masukan bagi pengembangan kurikulum prodi korelasinya dengan dunia usaha dan dunia industri. 

“Beberapa materi perkuliahan yang perlu ditambahkan menjadi fokus kami dalam meng-upgrade kurikulum prodi Humas ke depannya. Dan kami berharap akan ada waktu luang untuk secara khusus membahas kurikulum secara lebih detail dan mendalam,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement