Selasa 01 Aug 2023 15:43 WIB

Hasto: Pernyataan Bahwa Presiden Jokowi 'Bajingan Tolol' adalah Puncak Kerusakan Akhlak

Pernyataan Rocky Gerung dinilai sudah bukan lagi kritik, tapi ujaran kebencian.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Foto: iatinewa
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengkritik pernyataan Rocky Gerung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, pernyataan bernada ujaran kebencian itu di luar kepantasan dan menyerah kehormatan pemimpin negara.

"Kami menilai pernyataan bahwa Presiden itu sebagai ‘bajingan yang tolol’ adalah puncak kerusakan akhlak, degradasi nalar dan kemandulan akal sehat," ujar Hasto lewat keterangannya, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga

PDIP, jelasnya, menghormati adanya perbedaan pendapat sebagai bagian dari demokrasi Indonesia. Namun pernyataan Rocky Gerung, dipandangnya sudah tak bisa dikatakan sebagai bentuk kritik.

"Apa yang dilakukan Saudara Rocky Gerung sudah masuk delik penghinaan terhadap Presiden, dan tidak bisa lagi dikategorikan sebagai kritik, dan bahkan sudah masuk ke kategori ujaran kebencian," ujar Hasto.

"Jangan manfaatkan kebaikan Presiden Jokowi yang membangun kultur demokrasi dengan respek terhadap kebebasan berpendapat dan berorganisasi, lalu dipakai mencela Presiden dengan cara-cara yang tidak berkeadaban."

Penjarakan Rocky

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement