Senin 31 Jul 2023 18:14 WIB

Ajak Pemuda Bekasi Berkeringat di Turnamen Futsal, Pandawa Ganjar: Salurkan Semangat Muda

Para remaja diajak mencurahkan tenaga di lapangan futsal.

Para remaja mengikuti turnamen futsal di Bekasi, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Para remaja mengikuti turnamen futsal di Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kenakalan remaja seperti geng motor dan tawuran yang marak terjadi belakangan ini mengundang keprihatinan masyarakat termasuk para relawan Pandawa Ganjar. Mereka tidak tinggal diam dengan mengadakan kegiatan-kegiatan bernilai positif seperti turnamen futsal yang digelar di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

"Pandawa Ganjar sebagai perpanjangan tangan dari Pak Ganjar Pranowo, memfasilitasi pemuda untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya, dengan kompetisi futsal seperti ini," kata Koordinator Pandawa Ganjar Jawa-Bali, Haldoko Danantyas Subandoro, seperti dinukil pada Senin (31/7/2023).

Baca Juga

Menurut dia, fenomena kenakalan remaja yang marak terlihat di media sosial belakangan ini dipicu oleh kurangnya kegiatan-kegiatan positif untuk para pemuda.

Danan menilai, pergaulan di antara kaum muda itu tidak terarahkan karena tidak ada pihak yang membimbing mereka untuk mengekspresikan minat dan bakatnya ke dalam aktivitas yang bermanfaat.

"Mengingat, hari ini kepemudaan khususnya di wilayah Jabodetabek, sangat marak terjadi kenakalan remaja atau kegiatan-kegiatan yang negatif di antara pemuda. Faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja ataupun hal-hal negatif yang dilakukan oleh pemuda karena kurang adanya kegiatan-kegiatan positif," katanya.

Sejak dideklarasikan pada 5 Juli 2023 lalu, kelompok sukarelawan Pandawa Gajar langsung menggelar kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi generasi muda di berbagai daerah di Pulau Jawa dan Bali.

"Kami bergerak di bidang olahraga ataupun kebudayaan dan lain sebagainya, supaya pemuda-pemuda ini sibuk dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Sehingga tidak ada waktu (untuk kenakalan) dan meminimalisir kegiatan-kegiatan negatif," ujar Danan.

Kegiatan-kegiatan tersebut diakui berhasil meningkatkan prestasi para pemuda yang mengikutinya sekaligus mendulang dukungan untuk Ganjar. 

Termasuk, kegiatan olahraga yang diadakan di Kabupaten Bekasi kali ini, Danan menilai antusiasme para peserta cukup tinggi sehingga kegiatan tersebut berlangsung meriah dan lancar.

"Ketika kami sounding ke rekan-rekan, baik itu di komunitas olahraga ataupun di kepemudaan wilayah Kabupaten Bekasi ini sangat antusias. (Apalagi) ketika kami menyampaikan bahwa (kegiatan) yang akan kami bawa ini atas nama (mengusung) Ganjar," kata dia.

Tanggapan positif terhadap kegiatan yang diinisiasi Pandawa Ganjar itu juga disampaikan oleh Sugianto, salah seorang tokoh pemuda di Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, kegiatan olahraga futsal di lingkungannya saat ini memang memiliki banyak peminat sehingga warga pun antusias mengikuti turnamen futsal yang dibuat para sukarelawan Ganjar.

"Untuk kegiatan ini sangat positif sekali karena pemuda-pemuda di sini sangat senang sekali untuk (ikut) kegiatan-kegiatan seperti bermain futsal. Jadi, untuk kegiatan ini sangat sangat membantu dan bermanfaat juga untuk menghindari dari hal-hal seperti kenakalan atau hal-hal yang tidak diinginkan," kata Sugianto.

Pada turnamen tersebut, sebanyak delapan tim yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Bekasi ikut berpartisipasi memerebutkan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Sugianto berharap kegiatan-kegiatan serupa terus dilakukan di wilayah Kabupaten Bekasi maupun daerah lainnya untuk mewadahi minat dan bakat para pemuda.

Adapun terkait Pilpres, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dirlis pada Ahad (23/7/2023) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo masih dalam posisi papan atas dengan 35,7 persen untuk simulasi tiga capres. 

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan. 

"Hasil survei tersebut mengungkapkan bahwa dalam simulasi 3 pasangan Capres dan Cawapres, dimana Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Erick Thohir, mendulang dukungan 37,7 persen. Mereka unggul dibandingkan pasangan Prabowo Subianto dengan Airlangga Hartarto sebanyak 33,2 persen atau selisih 400 basis poin," kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, demikian dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement