Senin 24 Jul 2023 14:17 WIB

Redho, Terduga Korban Mutilasi Turi adalah Mahasiswa Berprestasi di UMY

Korban juga dikenal baik dan tidak ada yang aneh dari sisi perilaku.

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Teguh Firmansyah
Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL - Redho Tri Agustian, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diduga menjadi korban mutilasi di Turi, Sleman, merupakan seorang mahasiswa berprestasi.

Menurut Rektor UMY Prof. Dr. Ir Gunawan Budianto, ketika ada dugaan bahwa mahasiswa mereka menjadi korban, ia telah mengumpulkan dekan, dosen, hingga rekan-rekan Redho untuk menanyakan, apakah korban terlibat dengan sesuatu yang membahayakan.

Baca Juga

"Kami sedih juga, korban perilakunya dikenal baik, sudah kami kumpulkan dekan dan dosen juga teman-temannya, tidak ada yang aneh perilakunya," ujar Rektor UMY saat ditemui di Gedung AR Fachruddin UMY, Senin (24/7/23).

Redho juga dikenal sebagai mahasiswa penerima hibah penelitian yang menunjukkan bahwa ia merupakan mahasiswa berprestasi. Tidak hanya itu, Redho juga dikenal sangat aktif dalam berorganisasi.

"Dia menerima hibah penelitian dari kemahasiswaan, jadi dia berprestasi. Di prodi juga aktif, sering jadi panitia, juga ikut Pramuka yang katanya aktif dari SMA," kata rektor.

Kendati dari petunjuk-petunjuk kepolisian Redho diduga kuat merupakan korban mutilasi, pihak kampus masih bersabar menunggu hasil forensik yang sedang dilakukan. Pihak orang tua juga belum ada menghubungi kampus untuk meminta bantuan pendampingan.

"Makanya kita tunggu tes DNA, itu kepastian yang valid untuk melihat, apakah betul ada hubungan darah korban dengan pihak keluarga," kata rektor. 

Diketahui Redho dilaporkan hilang oleh tantenya pada Kamis (13/7/23) pukul 12.30 WIB ke Polsek Kasihan, setelah tidak bisa dihubungi sejak Selasa (11/7/23) oleh orang tua korban. Pada Rabu (12/7/23), warga di Kapanewon Turi, Sleman, digegerkan oleh penemuan potongan tubuh manusia. Saat itu, polisi belum menghubungkan kasus menghilangnya Redho dengan penemuan jasad mutilasi.

Kemudian pada Ahad (16/7/23), Dirreskrimum Polda DIY Kombes FX Endriadi mengungkapkan bahwa pelaku telah tertangkap, dan korban merupakan mahasiswa kampus swasta di DIY dengan inisial R. Korban berasal dari Pangkal Pinang, Bangka Belitung. "Yang bersangkutan (korban) adalah mahasiswa di salah satu swasta di Yogyakarta," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement