Ahad 23 Jul 2023 09:37 WIB

Paham Bertentangan dengan Pancasila Hancurkan Keberlangsungan Bangsa

DPRD Kalsel ingatkan tidak terprovokasi paham bertentangan Pancasila

Ilustrasi diskusi tentang nilai kebangsaan dan pancasila.
Ilustrasi diskusi tentang nilai kebangsaan dan pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi mengingatkan masyarakat tidak terintimidasi dan terprovokasi paham yang bertentangan Pancasila.

"Sebab paham baru atau yang lain tidak sesuai nilai-nilai luhur Pancasila dapat menimbulkan perpecahan," ujar Yani di Banjarmasin, Sabtu.

Baca Juga

Yani menekankan seluruh elemen masyarakat juga harus menjaga kekompakan dan tali silaturahmi antarsuku, agama dan budaya berlandaskan Pancasila.

Menurut Yani, saat ini tidak dipungkiri muncul paham yang memaksa untuk memeluk keyakinan lain berpotensi memunculkan kelompok radikal sehingga harus menjadi perhatian semua pihak.

Yani mengharapkan sosialisasi revitalisasi dan aktualisasi Nilai Pancasila dapat meredam potensi kemunculan kelompok radikal.

Sementara itu, Kassubid Fasilitasi Kelembagaan, Pemerintahan, Perwakilan dan Partai Politik Bakesbangpol Provinsi Kalsel Harry Widhiyatmoko mengatakan saat ini penanaman Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan sangat penting untuk menjaga keamanan negara.

"Selain itu, saat ini diketahui jejaring media sosial juga sangat tinggi. Maka dari itu, bijak menggunakan medsos," ucap Harry.

Harry juga menyebutkan penting mengamalkan empat pilar berbangsa dan bernegara agar mampu menciptakan stabilitas perdaiaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keempat pilar berbangsa tersebut, yakni Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement