Jumat 21 Jul 2023 10:33 WIB

Tertibkan Kawasan Stasiun Pasar Senen, PT KAI Bongkar 50 Bangunan Liar

Bangunan yang berdiri di rel antara Stasiun Pasar Senen-Gang Sentiong diratakan.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penertiban bangunan liar dan bersih lintas sepanjang 500 meter antara Stasiun Pasar Senen sampai Gang Sentiong, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2023). Sekitar 50 bangunan liar di sepanjang dua stasiun tersebut ditertibkan untuk menjaga jalur dan perjalanan kereta tetap lancar dan aman.

"Sebanyak 130 orang personel yang terdiri atas gabungan unit kerja Daop 1 Jakarta diturunkan untuk menertibkan bangunan liar dan membersihkan sampah-sampah di sepanjang jalur kereta antara Pasar Senen-Gang Sentiong," ujar Pelaksana Harian Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Menurut Feni, jajaran PT KAI Daop 1 Jakarta juga melakukan sosialisasi kepada warga sekitar jalur kereta agar tidak membuang sampah dan membakarnya di area rel. Selain berpotensi mengganggu perjalanan kereta, juga dapat memicu terjadinya kebakaran serta terjadinya banjir saat hujan turun.

 

PT KAI juga menyampaikan agar warga sekitar tidak melakukan aktivitas apapun di jalur kereta. "Baik mendirikan bangunan liar maupun membuat perlintasan sebidang liar karena selain dapat mengganggu perjalanan kereta api, juga membahayakan keselamatan diri sendiri," ucap Feni. 

 

Dia menyebut, KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan larangan beraktivitas di jalur kereta selain untuk kepentingan angkutan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Lalu keselamatan dan keamanan bersama dapat diwujudkan melalui kerja sama dari berbagai pihak, termasuk masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta.

 

"KAI Daop 1 Jakarta juga terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah kabupaten/kota maupun kewilayahan dengan menggandeng Railfans (pencinta kereta) melakukan sosialisasi keselamatan kereta wilayah Daop 1 Jakarta," kata Feni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement