Ahad 16 Jul 2023 08:09 WIB

Program 'The Battle of Putih Abu-Abu', Upaya Rhino Berikan Anak SMK Peluang Usaha

Program tersebut akan diikiti 10 sekolah SMK terpilih.

Rhino Indonesia menargetkan siswa dan siswi SMK di Jakarta melalui program Productive Challenge: The Battle of Putih Abu-Abu.
Foto: Dok. Web
Rhino Indonesia menargetkan siswa dan siswi SMK di Jakarta melalui program Productive Challenge: The Battle of Putih Abu-Abu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rhino Indonesia terus berupaya untuk melahirkan talenta-talenta pengusaha muda di bidang industri kreatif digital printing. Kali ini, Rhino Indonesia menargetkan siswa dan siswi SMK di Jakarta melalui program 'Productive Challenge: The Battle of Putih Abu-Abu'. 

Direktur Marketing Communication Rhino Indonesia, Hendry Liauw, mengatakan 'The Battle of Putih Abu-Abu' merupakan program terbaru dari Rhino Indonesia untuk Sekolah SMK dan SMA dengan memberikan edukasi sekaligus tantangan bagi siswa SMK selama 14 hari untuk menjalani Fast Trackpreneur dalam memulai usaha sablon digital dengan mesin-mesin dan starter pack yang telah disediakan oleh Rhino Indonesia. 

Baca Juga

Tujuan program ini, lanjut Hendry, untuk membuktikan bahwa generasi muda dapat memiliki semangat dalam melihat peluang usaha dan menumbuhkan mental menjadi seorang pengusaha. Selain itu sekolah juga menjadi tempat bagi para siswa yang terpilih untuk berkompetensi secara nyata didalam dunia usaha.

"Peserta akan dibekali dari memulai cara produksi, memasarkan produk, mendesign secara basic dengan template, hingga berinteraksi dengan pelanggan secara nyata dan mentor yang akan mendampingi selama 14 hari," kata Hendry, seperti dinukil pada Ahad (16/7/2023). 

"Keuntungan yang didapatkan murni 100% untuk peserta dan peserta dengan penjualan terbanyak akan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah beserta mesin-mesin sablon dari Rhino Indonesia," ujarnya menambahkan.

Program tersebut akan diikiti 10 sekolah SMK terpilih. Setiap sekolah akan melewati babak penyisihan yang dibagi dua grup dimulai sejak 24 Juli hingga 9 Desember 2023. 

"Untuk pelaksanaannya akan dilakukan di masing-masing sekolah secara bergantian, karena nantinya kami akan mensupport mesin-mesin Rhinotec sebagai penunjang kompetisi ini. Kurang lebih kami akan mensupport 6 mesin dan beberapa material sablon sebagai starterpack," kata Hendry. 

10 sekolah yang berhasil melewati tahap seleksi yaitu SMKN 26 Jakarta, SMKN 34 Jakarta, SMKN 55 Jakarta, SMK Sejahtera, SMKN 14 Jakarta, SMKN 50 Jakarta, SMKN 1 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMK Cyber, SMKN 48 Jakarta.

"Kami memilih 10 sekolah ini karena strategi marketing sekolah dinilai sangat 

siap untuk menjalankan tantangan enterpreneuship selama 14 hari dari Rhino Indonesia," ucap Hendry. 

Setelah mendapat pembekalan dan melewati fase penyisihN, nantinya peserta akan bersaing di babak final “The Battle of Putih Abu-Abu” pada 13-15 Desember 2023. Hadiah yang diperebutkan senilai Rp34 juta. 

"Kami memberikan sosialisasi mengenai program ini dan memberikan undangan ke SMK se-Jakarta yang memiliki jurusan DKV, Multimedia, dan Pemasaran. Untuk syarat dan ketentuan sebenarnya tidak ada yang khusus, hanya saja yang terpenting pihak sekolah menyetujui untuk mengikuti program ini selama 14 hari dengan jadwal yang telah ditentukan dan tempat pelaksanaanya berada pada sekolah masing-masing," ujarnya.  

Industri custom produk merchandise, kaos, hingga textil printing, kata Hendry, memberikan kesempatan yang luas bagi anak-anak muda dengan kreatifitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas dengan nilai jual tinggi dan bervariatif.  

Rhino secara konsisten memberikan edukasi serta mendorong masyarakat untuk menumbuhkan jiwa Wira Usaha melalui industri sebelum digital, salah satunya melalui program yang telah dilakukan. Workshop “Now Everyone Can Custom” yang sudah berjalan selama 6 tahun hingga saat ini.

Menargetkan anggota komunitas komunitas UMKM serta anggota binaan program usaha mandiri pemerintah, dengan memberikan edukasi peluang usaha yang dapat dijalankan dengan mudah serta modal yang terjangkau. Selain itu, pada tahun 2018 - 2020 Rhino mengadakan pelatihan eksklusif berbayar Rhino Creative Class, di mana para peserta yang mendaftar akan mendapatkan pelatihan untuk memulai bisnis sablon digital. 

Pada tahun 2023 ini selain program ProudActive Challenge dan ProudActive Challenge : The Battle of Putih Abu-Abu, Rhino juga memiliki ProudActive Community, di mana anggota yang bergabung dapat secara bergantian belajar di kantor pusat Rhino secara bergantian setiap minggunya, bahkan diizinkan menggunakan mesin yang tersedia di sana untuk melakukan produksi secara cuma-cuma apabila sudah mrmiliki orderan sendiri. 

"Rhino memfasilitasi mereka yang serius dan siap untuk mrmulai usaha di bidang sablon digital,” Hendry Liauw 

Sebagai generasi penerus bangsa, siswa sekolah menengah perlu dibimbing untuk bisa menciptakan peluang usaha mereka sendiri. “Lewat kegiatan ini kami mendukung para individu muda untuk dapat menumbuhkan semangat berwirausaha dan menjadi individu 

Tujuan awal dari rangkaian program #ProudActiveChallenge ini dilakukan adalah untuk mendukung UMKM, dengan menciptakan individu berkarakter BANGGA, AKTIF, INOVATIF dan KREATIF, yang konsisten untuk mencapai mimpi menjadi pengusaha mandiri, karena Rhino Indonesia yakin  #SemuaBisaUsaha. 

"Apabila program berjalan sesuai rencana maka program The Battle of Putih Abu-Abu akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan di kota lainnya. Tujuannya yaitu untuk membuktikan bahwa generasi muda dapat memiliki semangat dalam melihat peluang usaha dan memicu mental menjadi seorang pengusaha," kata Hendry. 

 

 

Jadwal program dari The Battle of Putih Abu-Abu:

 

BABAK PENYISIHAN

 

Grup 1

SMK A 24 Juli – 5 Agustus

SMK B 7 Agustus – 19 Agustus

SMK C 21 Agustus – 2 September

SMK D 4 September – 16 September

SMK E 18 September – 30 September

 

Grup 2

SMK F 2 Oktober – 14 Oktober

SMK G 16 Oktober – 28 Oktober

SMK H 30 Oktober – 11 November

SMK I 13 November – 25 November

SMK J 27 November – 9 Desember

 

FINAL BATTLE OF PUTIH ABU-ABU

13 – 15 Desember 2023

sumber : RI
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement