Sabtu 15 Jul 2023 09:45 WIB

Penutupan Bandara Husein, Operasi Penuh Kertajati, dan Mahalnya Tarif Tol Cisumdawu

Warga Kota Bandung akan lebih repot jika ingin terbang dari Bandara Kertajati.

Rep: Arie Lukihardianti/Dea Alvi Soraya/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi saat meninjau kegiatan dan fasilitas di Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).
Foto:

Pemkot Dukung Pemindahan Bandara

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung rencana pemerintah pusat yang akan memindahkan seluruh penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka mulai Oktober 2023.

Dengan begitu, nantinya Bandara Husein akan tertutup bagi penerbangan sipil. Masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya yang ingin terbang ke berbagai daerah dan luar negeri nantinya bisa memanfaatkan Tol Cisumdawu untuk menuju Bandara Kertajati. 

Baca: Rabu, Bus Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta Jalani Uji Coba

Bahkan, penerbangan jet pribadi tidak dibolehkan mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Hanya penerbangan militer dan VVIP yang sepertinya dibolehkan mendarat di bandara milik TNI AU tersebut.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, Pemkot Bandung akan menyiapkan langkah adaptif agar kunjungan wisatawan ke Kota Kembang tidak anjlok.

"Kita yang di bawah pasti akan mendukung kebijakan Pemerintah Pusat," kata Ema usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Cihapit, Kota Bandung, Rabu (12/7/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement