Jumat 14 Jul 2023 14:38 WIB

Staff Khusus Presiden Jokowi Turun ke Banggai Sulteng, Ini Agendanya

Mantap dan PIKM mengedepankan kurikulum daring berbasis kompetensi kerja mutakhir. 

Billy Mambrasar (ketiga kiri) bersama Presiden Jokowi.
Foto: dok. Republika
Billy Mambrasar (ketiga kiri) bersama Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 1.000 pemuda dari 23 kecamatan se-Kabupaten Banggai akan mengikuti Mantap sekaligus PIKM, dua program kerja unggulan terkait talenta digital besutan Staff Khusus Presiden Jokowi, Billy Mambrasar. 

Demikian dikatakan Billy Mambrasar di sela-sela agenda kerja turba/turun ke bawah selama tiga hari ke Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah), 14-16 Juli 2023. 

Melalui Mantap, Manajemen Talenta Pemuda Nasional, serta PIKM yakni Pusat Inovasi Kewirausahaan Masyarakat, Billy memproyeksikan hadirnya puluhan local champion dari kabupaten tersebut. 

"Local champion ini adalah para pemuda terseleksi yang rencananya akan kami bawa roadshow ke Jakarta seperti ke Istana Negara dan Kementerian," sambung Kakak Billy, sapaannya dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id, Jumat (14/7/2023). 

Billy Mambrasar adalah Staff Khusus Presiden Jokowi Bidang Inovasi Digital dan Daerah Terluar. Merupakan staff khusus asal Papua, yang juga satu-satunya orang Papua alumni S2 Harvard University, Amerika Serikat. 

Selain PIKM dan Mantap, Billy telah menghasilkan banyak inisiasi sesuai tupoksi nya seperti menjadi motor berdirinya bangunan dan program Papua Youth Creative Hub (PYCH), Petani Milenial di Papua, pendidikan non formal anak usia dini KBLC di 10 titik se-Indonesia, Local Champion Papua, dan banyak lagi. 

Menurut dia, seleksi dilakukan dengan pemuda-pemudi Banggai mengikuti dulu pelatihan kompotensi kerja dari Mantap dan PIKM, yang mengedepankan kurikulum daring berbasis kompetensi kerja mutakhir. Seperti kewirausahaan, digital marketing, desain sprint, manajemen keuangan, dan lainnya. 

"Kami targetkan juga akan bermitra dengan kampus di Banggai yang bisa adopsi kurikulum PIKM konversi SKS, sehingga pemerataan pendidikan berkualitas kami terapkan ke Pulau Sulawesi," katanya. 

Apalagi, sambung dia, sebelumnya PIKM berbasis kampus di Sulawesi sudah diterapkan di Universitas Sulawesi Barat dan STMB Dua Saudara, Sulawesi Utara. 

Selain agenda tersebut, Kakak Billy didaulat mengibarkan bendera start untuk balap sepeda tahunan terbesar di Indonesia Timur, Tour De Banggai, Sabtu (15/7) pagi. 

Kemudian, mengunjungi bakal lokasi Prestasi Hub Kemenpora, lokasi wisata pemandian Salodik, serta menghadiri malam puncak HUT Kabupaten Banggai ke-63. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement