Kamis 13 Jul 2023 06:18 WIB

Panglima TNI Ganti Empat Athan RI, Penasihat Militer di PBB, Hingga Ajudan Wapres

Kolonel Berty Sumakud promosi sebagai Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memakai jaket di galeri PT Trisula Textile Industries Tbk, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Rabu (1/3/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memakai jaket di galeri PT Trisula Textile Industries Tbk, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Rabu (1/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi dan rotasi jabatan terhadap 176 jabatan perwira tinggi (pati) tiga matra. Beberapa jabatan di luar struktur Mabes TNI harus diganti.

"Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/690/VI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia," begitu keterangan yang diteken Laksamana Yudi dikutip Republika.co.id di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Baca: LSI: TNI Paling Dipercaya, Mayoritas Respondennya Pilih Prabowo

Di antara berbagai jabatan yang dimutasi dan dirotasi, Yudo mengganti empat atase pertahanan (athan) utama di empat negara yang diduduki pati bintang satu. Mereka adalah Athan RI di Riyadh (Arab Saudi) Brigjen Putut Witjaksono Hadi digeser menjadi Staf Khusus KSAD yang posisinya digantikan Kolonel Eri Nasuhi serta Athan RI di Canberra (Australia) Laksma A AG B Oka Wirayudhatama digeser menjadi Staf Khusus KSAL yang posisinya bakal ditempati Kolonel Laut (S) Yusliandi Ginting.

Athan RI di New Delhi (India) Laksma Didik Kurniawan digeser ke Staf Khusus KSAL dan jabatan itu akan diduduki Kolonel Laut (P) Ardiansyah Muqsit, kemudian Athan RI di Washington DC (Amerika Serikat) Laksma Tjahja Elang Migdiawan dimutasi menjadi Staf Khusus KSAU dan posisinya akan dihuni Kolonel Pnb Edwardus Wisoko Aribowo.

Pun Penasihat Militer Perwakilan Tetap RI PBB di New York (Amerika Serikat) Brigjen Iwan Bambang Setiawan digeser menduduki Staf Khusus KSAD, dan jabatan itu akan diemban Kolonel Inf Felix Lumban Tobing.

Baca: TNI AU Punya 30 Lebih Pesawat Hercules, Prabowo: Butuh Lebih Banyak

Komandan Korem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya promosi menjadi Aspers Kaskostrad. Kabid Hukum Internasional Publik Kemenko Polhukam Kolonel Chk Berty Beatus Willem Sumakud mendapat promosi sebagai Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN.

Di antara yang dimutasi adalah ajudan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Kolonel Laut (P) Mohamad Taufik dipromosikan menjadi Danguspurla Koarmada I. Taufik menggantikan Laksma Heri Triwobo yang digeser menjadi Asops Pangkoarmada RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement