Senin 10 Jul 2023 16:14 WIB

Hasto: Effendi Simbolon Taat ke Megawati, Dukung Ganjar, Bukan Prabowo

Hasto tegaskan Effendi Simbolon tetap kader PDIP, tidak pindah ke partai lain.

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kader PDIP yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon bertandang ke kantor DPP PDIP di Jakarta Pusat untuk melakukan klarifikasi mengenai maraknya isu dukung Prabowo hingga hengkang dari PDIP, Senin (10/7/2023) siang. Usai proses klarifikasi, PDIP membantah semua isu-isu tersebut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, telah dilakukan klarifikasi sesuai dengan tugas bidang kehormatan. Klarifikasi itu mengenai diundangnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam rapat kerja nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI)

Baca Juga

"Yang pertama terkait apa yang menjadi isu akhir-akhir ini terkait dengan pernyataan Pak Effendi Sombolon terkait dengan Pak Prabowo Subianto dalam forum itu ditegaskan bahwa Prabowo diundang dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan yang semula akan berbicara tentang aspek-aspek bela negara," kata Hasto dalam konferensi pers di Gedung DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).

Adapun mengenai isu dukungan Effendi Simbolom terhadap Prabowo Subianto, dalam konteks pencapresan, Hasto membantahnya. Dia mengaku telah mendapatkan klarifikasi dari Effendi dan dipastikan tetap mendukung bakal calon presiden yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

"Yang kedua juga kami klarifikasi karena ada persepsi publik, seperti Pak Effendi Simbolon memberikan dukungan bukan pada capres yang ditetapkan oleh PDIP yaitu Pak Ganjar Pranowo. Dalam penjelasannya sangat clear bahwa Pak Effendi Simbolon sebagai kader partai taat sepenuhnya untuk mendukung keputusan dari Ketum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri dan akan berjuang di dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung oleh PDIP bersama dengan partai-partai lain," jelas dia.

Hasto menyebut, dalam klarifikasinya, Effendi Simbolon menempatkan diri sebagai sosok yang memahami kebijakan-kebijakan pertahanan dan memberi masukan objektif mengenai kebijakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.  "Kemudian terkait ada isu-isu Pak Effendi Simbolon mau ke partai lain, itu juga sama sekali tidak benar karena sekali merah, itu tetap merah," kata dia meneaskan.

Hasto mengatakan, bahwa proses klarifikasi itu sudah sesuai dengan mekanisme yang diatur oleh partai. Dia menegaskan dukungan seluruh kader terhadap bacapres pilihan partai.

"Partai menegakkan disiplin organisasi partai dan semua akan bergerak serempak di dalam turun ke bawah memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dan kemudian juga bergerak di dalam memenangkan pemilu legislatif," tutur dia.

Sebelumnya diketahui, Politisi PDIP Effendi Simbolon ramai menjadi perbincangan usai mengungkap kekaguman kepada sosok Prabowo Subianto. Bahkan Effendi dikabarkan segera bergabung ke Partai Gerindra

Kabar itu beredar seusai Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan hadir dalam Rakernas Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) pada Jumat (7/7/2023 di Jakarta. Effendi Simbolon sendiri merupakan ketua umum PSBI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement