Kamis 06 Jul 2023 22:05 WIB

Universitas Ibnu Khaldun Bogor Sediakan Beasiswa dan Cicilan Uang Pangkal

Universitas Ibnu Khaldun membuka enam fakultas dan satu sekolah pascasarjana.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan akademik di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi kegiatan akademik di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor merupakan kampus Islam pertama dan terbesar di Kota bogor, yang didirikan oleh para tokoh bangsa dan alim ulama sejak 1961. Sejak awal berdiri, UIKA Bogor terus konsisten melakukan perbaikan pada berbagai bidang, hingga berbagai kemudahan dan fasilitas bagi para mahasiswa/i.

Kepala Humas dan Promosi UIKA Nurdin Alazies mengatakan, saat ini UIKA memiliki enam fakultas dan satu sekolah pascasarjana dengan 35 program studi. Fakultas tersebut di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Sekolah Pascasarjana.

Baca Juga

“Biaya per semesternya berbeda-beda setiap fakultas, mulai dari Rp 3,8 juta hingga Rp 5 juta. Uang pangkal juga seharga Rp 8 juta hingga Rp 13 juta, dan itu bisa dicicil sebanyak enam kali cicilan,” kata Nurdin kepada Republika, Kamis (6/7/2023).

Nurdin memaparkan, per Juli 2023, mahasiswa aktif di UIKA berkisar 7.000 mahasiswa merujuk data pada feeder. Sejak awal berdiri, UIKA Bogor telah banyak melahirkan lulusan yang berhasil serta turut berperan membangun bangsa dan negara di berbagai bidang, baik pada skala lokal, nasional, maupun Internasional.

“Seperti pada layanan pendidikan ataupun sumber daya manusia. Hal itulah yang membuat Universitas Ibn Khaldun Bogor mengukir banyak prestasi,“ ucapnya.

Lebih lanjut, Nurdin mengatakan, UIKA memiliki dosen yang profesional dan kompeten di bidang ilmunya. Serta menghasilkan lulusan yang terampil dan siap bersaing.

UIKA, kata dia, terakreditasi institusi dengan peringkat ‘B” serta seluruh prodi dengan akreditasi Unggul, dan Baik sekali. Serta menggunakan kurikulum berbasis Islamisasi Sains dan Kampus (ISK) yang disesuaikan dengan SN DIKTI & MB-KM.

Selain memberikan cicilan pembayaran uang pangkal dan biaya per semester yang cukup terjangkau, Nurdin mengatakan, UIKA juga memberikan beragam beasiswa. Baik dari dalam kampus maupun beasiswa hasil kerjasama dengan pemerintah pusat, daerah, serta lembaga-lembaga lainnya.

“Mulai dari Beasiswa KIP, Tahfidz 30 juz, Beasiswa putra Daerah Kota Bogor, Beasiswa Putra Daerah Kab Belitung, Beasiswa Jabar Feature Leader, Beasiswa Cendikia Baznas, Beasiswa Pendidikan Indonesia, Beasiswa Indonesia Bangkit, Beasiswa Bank BRI, Dll, syaratnya bermacam-macam sesuai jenis beasiswanya,“ kata Nurdin.

Fasilitas yang ada di UIKA, kata Nurdin, cukup beragam. Mulai dari letak kampus yang strategis, tepatnya di Jalan KH Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, sehingga mudah untuk diakses melalui sarana transportasi umum maupun pribadi. Kampus seluas sekitar 5 hektare ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti gedung informasi, fasilitas ruang kuliah yang memadai, perpustakaan, rumah sakit, hingga berbagai laboratorium.

“Termasuk auditorium dan ruang serba guna, fasilitas olahraga, masjid, kantin, minimarket, taman kampus, wifi, bank, ATM center, pondok pesantren, parkir di setiap fakultas, dan fasilitas lainnya,” kata Nurdin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement