Rabu 05 Jul 2023 15:39 WIB

Hadiri HUT Ke-24 Persatuan Purnawirawan Polri, Ganjar Bangga Jadi Anak Seorang Polisi

Ayahnya adalah seorang anggota polisi purnawirawan berpangkat Letnan Satu.

Ketua Umum PP Polri yang juga mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri (kedua kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah).
Foto: Dok. Web
Ketua Umum PP Polri yang juga mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri (kedua kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai anak dari perwira polisi sekaligus bagian keluarga besar Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Syukuran HUT ke-24 PP Polri di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, pada Rabu (5/7/2023). Pada kesempatan itu Ganjar menceritakan, ayahnya yang bernama Parmudji Pramudi Wiryo adalah seorang anggota polisi purnawirawan berpangkat letnan satu (lettu) Korps Polri yang bertugas di Polsek Kutoarjo.

Ganjar menuturkan, kehidupan keluarganya sebagai 'anak kolong' dari ayahnya yang kala itu masih aktif bertugas tidak mudah dan serba terbatas. Ganjar yang merupakan anak kelima dari enam bersaudara itu mengaku mendapat banyak pembelajaran hidup dari sang ayah. 

Baca Juga

Saat masih ikut ayahnya, Ganjar kerap berkegiatan menyemir sepatu dan mengilatkan kuningan yang digunakan sebagai kepala sabuk polisi. Dari sana, Ganjar diajarkan nilai-nilai ihwal kedisiplinan, mandiri, hingga mental juang yang tinggi dari sosok ayahnya.

"Bapak saya pangkatnya yang paling rendah di antara lain dan kami diberikan panggung untuk memberikan cerita apa yang kita kerjakan, cerita masa lalu sebagai anak polisi, disiplin apa yang diajarkan pada kami, bagaimana kita berbakti pada bangsa dan negara pada jabatan hari ini," ujar Ganjar seusai acara.

Di hadapan para purnawirawan, Ganjar menyampaikan kebanggaannya menjadi anak dari seorang polisi dan menjadi bagian dari keluarga kepolisian.

Menurut pria berambut putih itu, memiliki ayah seorang aparat dan ibu Bhayangkari adalah keberuntungan karena memiliki banyak nnilai kehidupan yang akan selalu tertanam dan berguna untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagai anaknya, bisa memberikan testimoni itu sebuah kebanggaan. Dengan nuanasa yang berbeda-beda dan kita senang semua punya komitmen menjaga bangsa dan negara ini serta menghadapi situasi bangsa ke depan," ujar Ganjar.

HUT PP Polri ke-24 dihadiri Ketua Umum PP Polri yang juga mantan kapolri jenderal polisi (purn) Bambang Hendarso Danuri, mantan kabareskrim Polri komjen (purn) Susno Duadji, mantan Irwasum Polri komjen (purn) Putut Eko Bayu Seno, mantan kepala BNN Komjen (purn) Budi Waseso.

Selain keluarga besar PP Polri, turut hadir keluarga besar TNI Angkatan Udara (AU), Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Pepabri dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). 

Sejumlah kepala daerah yang juga bagian dari keluarga besar kepolisian juga hadir, seperti Wali Kota Bogor Bima Arya, Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin serta sejumlah bupati dan wali kota dari Tanah Air.

Adapun, Bambang Hendarso Danuri menjelaskan alasan pihaknya mengundang Ganjar. Bambang mengatakan, kehadiran Ganjar Pranowo di acara tersebut sebagai putra dari seorang anggota Polri yang berkiprah di pemerintahan. Selain Ganjar, diundang pula Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, sebagai sesama putra seorang anggota Polri yang berkiprah di pemerintahan. "Tidak ada yang kami selenggarakan ini bernuansa politik," kata Bambang.

Kapolri ke-19 itu menjelaskan HUT ke-24 PP Polri dihadiri oleh putra dan putri purnawirawan Polri yang saat ini sedang berada di posisi pemerintahan, baik sebagai gubernur, wali kota, maupun anggota badan legislatif.

"Untuk itu, kami hadirkan tokoh-tokoh, putra dan putri anggota Polri yang sekarang ada di pemerintahan, di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya, Ganjar Pranowo, putra dari anggota Brimob berpangkat lettu, beliau ada Pak Bima Arya, putra anggota Polri Angkatan X Toni Sugiarto. Tentunya, diperlukan figur-figur yang kami perlu kemukakan pada acara ini," kata Bambang Hendarso, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement