Rabu 05 Jul 2023 06:51 WIB

Masyarakat Kembangan Jakbar Diajak Kowarteg Lihat Peluang Usaha dari Kuliner Lokal

Para ibu mengikuti program 'Icip-Icip Cita Rasa Nusantara'.

Pelatihan memasak kepada ibu-ibu di jalan Menara II, Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.
Foto: Dok. Web
Pelatihan memasak kepada ibu-ibu di jalan Menara II, Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA BARAT -- Komunitas Warteg Tegal (Kowarteg) Indonesia kembali melakukan kegiatan rutin untuk berbagai kepada masyarakat luas. Kali ini, Kowarteg Indonesia mengujungi wilayah Meruya dengan menggelar program 'Icip-Icip Cita Rasa Nusantara' melalui pelatihan membuat kacang teri bersama ibu-ibu di jalan Menara II, Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Ketua Koordinator Nasional Kowarteg Indonesia, Noehroji mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menambah pengalaman para ibu-ibu dalam membuat hidangan layaknya di rumah.

Baca Juga

"Kami memberikan pelatihan membuat makanan kacang teri untuk para ibu-ibu, supaya mereka mendapatkan tambahan kemampuan" kata Noeh-panggilan akrab Noehroji- seperti dilansir pada Rabu (5/7/2023). 

Kedatangan pihaknya ke wilayah Jakarta Barat itu mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat sekitar. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang mengikuti acara pelatihan yang digelar hanya sehari itu.

"Alhamdulillah ketika kami datang ke sini, antusias warga sangat luar biasa. Mereka datang untuk menyasikan cara membuat makanan khas di rumah," ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, para relawan mendatangkan juru masak. Para ibu-ibu pun terlihat sangat bersemangat memerhatikan juru masak itu sedang memasak.

Noeh berharap dengan adanya tersebut para peserta pelatihan bisa menambah kemampuan membuat makanan khas rumah dan mengelohanya menjadi peluang usaha. "Itu saya kira sangat bermanfaat untuk mereka ke depannya dan bisa menambah penghasilan dengan meningkatkan kemampuan mereka," kata Noeh.

Kegiatan serupa bukan pertama kali dilakukan oleh kelompok serupa. Sebelumnya, sejumlah ibu-ibu di Kecamatan Patian Rowo, Kabupaten Nganjuk, mendapat pelatihan seputar peluang bisnis dari sektor kuliner sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Para peserta mendapat pelatihan membuat kue bolu karamel kukus yang diharapkan mampu dijadikan ladang ekonomi warga setempat. 

“Tujuannya untuk menambah keahlian di bidang kuliner dan menjadikannya sebagai peluang usaha,” ujar Koordinator Wilayah Kowarteg Kiki Kurniawan, dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement