Sabtu 01 Jul 2023 00:45 WIB

KAI: 10 KA Berhenti Luar Biasa di Daop 5 Purwokerto Pascagempa

Petugas akan melakukan pemantauan guna memastikan kondisi jalur KA.

Penumpang KA di Stasiun Jeruklegi, Cilacap, Jateng, Sabtu (8/10/2022). Sebanyak 10 kereta api berhenti luar biasa di wilayah Daop V.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Penumpang KA di Stasiun Jeruklegi, Cilacap, Jateng, Sabtu (8/10/2022). Sebanyak 10 kereta api berhenti luar biasa di wilayah Daop V.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebanyak 10 kereta api berhenti luar biasa di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto pascagempa bermagnitudo 6,4 yang terjadi pada Jumat (30/6/2023) malam. Seluruh masinis yang tengah mengoperasikan KA diminta untuk berhenti secara serentak oleh Pusat Pengendali Perjalanan Kereta Api malalui radio lokomotif terpusat.

"Sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) kami bila terjadi gempa, semua KA berhenti untuk menunggu pemeriksaan jalur KA," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat malam.

Baca Juga

Setelah seluruh KA berhenti, lanjut dia, petugas Unit Jalan dan Jembatan (JJ) melakukan pemantauan guna memastikan kondisi jalan maupun jembatan dalam kondisi aman dilewati KA pascagempa yang terasa. "Perintah KA harus berhenti pada pukul 20.05 WIB dan jalan kembali 20.33 WIB," jelasnya.

Lebih lanjut, Krisbiyantoro mengatakan 10 KA yang berhenti luar biasa di wilayah Daop 5 Purwokerto khususnya lintas Prupuk-Kroya terdiri atas KA 60 Bima posisi di Stasiun Prupuk, KA 2612 Barang posisi di petak jalan Slawi-Prupuk. Lalu KA 249 Serayu posisi di petak jalan Notog-Purwokerto, KA 180 Baturraden Ekspress posisi di petak jalan Purwokerto-Notog, KA 105 Gaya Baru posisi di petak jalan Karangsari-Patuguran, dan KA Senja Yogyakarta di Stasiun Purwokerto.

Sementara di lintas Kroya-Kutoarjo terdiri atas KA 149 Sawunggalih posisi di Stasiun Sumpiuh, KA 2719 Barang posisi petak jalan Gombong-Ijo, KA 223 Kutojaya Utara posisi di Stasiun Kebumen, dan KA 134 Kertanegara posisi Stasiun Kutoarjo.

"Sedangkan di lintas Kroya-Banjar tidak ada kereta api yang harus berhenti luar biasa karena kebetulan tiada KA yang sedang melintas," katanya.

Gempa bermagnitudo 6,4 (M6,4) yang terjadi pada Jumat pukul 19.57 WIB. Gempa berlokasi di 8,63 lintang selatan dan 110,08 bujur timur atau 86 kilometer barat daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kedalaman 25 kilometer.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement