Sabtu 27 Jul 2024 17:28 WIB

Gol Bunuh Diri Australia Bawa Thailand ke Final Piala AFF U-19

Thailand menanti pemenang laga Indonesia vs Malaysia di final Piala AFF U-19.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo Piala AFF U-19
Foto: tangkapan layar
Logo Piala AFF U-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah gol bunuh diri yang dilakukan pemain Australia pada awal babak pertama membawa Thailand lolos ke babak final Piala AFF U-19. Thailand mengalahkan Australia 1-0 pada semifinal pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024) petang.

Dengan kemenangan ini, Thailand menunggu pemenang semifinal kedua antara Indonesia versus Malaysia yang akan digelar malam ini di tempat yang sama pukul 19.30 WIB.

Baca Juga

Kedua tim bermain hati-hati sejak awal. Sepuluh menit awal kedua tim masih kesulitan menembus pertahanan lawan. Aliran bola banyak terputus di tengah lapangan.

Petaka datang pada menit ke-13 untuk Australia. Kesalahan Kiper Australia Dyland Peraic-Cullen membuat Thailand memimpin 1-0. Berawal dari serangan Thailand yang bisa diredam, bek Dylan Leonard mengirimkan back pass ke Cullen. Namun, bola yang tak terlalu kencang gagal dikontrol Cullen dengan kakinya sehingga meluncur merobek gawangnya sendiri.

Gol ini tercatat sebagai bunuh diri Dyna Leonard. Gol "hadiah" ini dirayakan dengan suka cita oleh kubu Thailand.

Australia sempat memiliki harapan pada menit ke-34 ketika pemain belakang Thailand Jirapol Saelio menarik pemain Australia Jake Najdovski di kotak penalti. Wasit sempat memberi kartu kuning untuk Jirapol dan berpeluang memberi penalti.

Namun setelah wasit dipanggil ke pinggir lapangan untuk melihat VAR, keputusan tersebut ditarik dan tak ada penalti, karena justru Jake yang dianggap melakukan diving. Skor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Australia terus menekan pada awal babak kedua. Menit ke-51, Thailand sempat melakukan serangan balik yang cepat. Beruntung kiper Australia dengan cepat memotong bola umpang di dalam kotak penalti.

Menit ke-52 kiper Thailand Kittipong Bunmak melakukan penyelamatan gemilang tendangan Tiago Quintal. Tujuh menit berselang sundulan pemain pengganti Australia Medin Memetik dari kotak penalti masih melenceng.

Menit ke-67 Thailand harus bermain dengan sepuluh orang, setelah Rapeephat Padthaisong mendapat kartu kuning kedua, membuatnya keluar lapangan lebih cepat.

Menit ke-75 Zane Helweh pemain yang baru masuk memiliki peluang pertamanya untuk menyamakan kedudukan. Sayang bola tendangannya masih membentur tiang kanan gawang Thailand.

Arion Sulemani mendapat peluang terakhir untuk Australia, pada menit 90+7 tapi sundulan masih tipis di atas mistar gawang Thailand. Keberhasilan menjaga gawangnya tetap perawan mengantarkan Thailand ke partai puncak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement