Rabu 28 Jun 2023 19:08 WIB

Beda dengan Anies, Heru Budi Laksanakan Sholat Idul Adha di Balai Kota

Beda dengan Anies, Pj Gubernur DKI Heru Budi akan sholat Idul Adha di Balai Kota.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Beda dengan Anies, Pj Gubernur DKI Heru Budi akan shalat Idul Adha di Balai Kota.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Beda dengan Anies, Pj Gubernur DKI Heru Budi akan shalat Idul Adha di Balai Kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan sholat Idul Adha 1444 H di halaman Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat pada Kamis (29/6/2023). Hal ini tentu berbeda dengan Gubernur Anies Baswedan, yang memilih melaksanakan Shalat Idul Adha 2022 di Jakarta International Stadium (JIS).

"Pak Pj terjadwal (sholat Idul Adha) di Balai Kota," kata Kepala Biro Sekretariat Daerah DKI Jakarta Muhammad Mawardi saat dikonfirmasi pada Rabu (28/6/2023).

Baca Juga

Sementara itu, Plh Sekertaris KORPRI DKI Jakarta, M Arif Rachman mengatakan, sesuai surat edaran Sekretaris Daerah (SE Sekda) Nomor : 26/SE/2023, Pemprov DKI akan menyelenggarakan shalat Idul Adha dan kurban bertema, "Kurban Bukti Cinta kepada Sesama".

"Pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H di halaman Balai Kota DKI terbuka untuk umum," kata Arif.

Ia menjelaskan untuk khatib sholat Idul Adha 1444 H akan menghadirkan Prof Dr KH Asrorun Ni'am Sholeh MA (Ketua MUI Pusat bidang Fatwa). "Sementara imam pada sholat Idul Adha yaitu Ustadz H Raden Harmoko, Juara II MTQ internasional Malaysia," kata dia.

Ia menambahkan pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H tingkat kota dan kabupaten administrasi digelar di wilayah masing-masing. "Sholat Idul Adha juga digelar di lima kantor wali kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Kementerian Agama RI telah menetapkan 1 Dzulhijah 1444 H jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023. Dengan ditetapkannya awal Dzulhijah ini, maka Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

“Sidang itsbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Dzulhijah tahun 1444 H ditetapkan jatuh pada Selasa tanggal 20 Juni 2023. Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023,” kata Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi usai memimpin Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, seperti dikutip dalam siaran pers kemenag.go.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement