Senin 26 Jun 2023 19:09 WIB

Prabowo Menghadap Jokowi di Istana, Ditanya tentang Rencana-Rencananya ke Depan

Prabowo mengakui membahas politik bersama Presiden Jokowi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/HOW HWEE YOUNG
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023). Menurutnya, dalam pertemuan ini turut dibahas mengenai masalah politik dalam negeri.

"(Bahas politik) Ada secara garis besar saja," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga

Kendati demikian, Prabowo tak menjelaskan secara rinci mengenai pembahasan tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa Jokowi menanyakan soal rencana-rencananya ke depan.

"Bertanya tentang rencana-rencana saya ke depan dan sebagainya," ujarnya.

Kemudian saat ditanyakan apakah dalam pertemuan ini juga dibahas soal calon wakil presiden yang mendampinginya nanti, Prabowo tak menjawabnya. Sebelumnya, Prabowo mengaku datang ke Istana karena dipanggil oleh Presiden Jokowi.

"Ya saya dipanggil Presiden, menghadap Presiden," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kepada Presiden, Prabowo mengaku akan melaporkan hasil kunjungannya ke luar negeri. Menurutnya, pertemuannya dengan Jokowi itupun merupakan hal yang biasa dilakukan.

"Saya kan baru pulang dari luar negeri. Jadi saya laporan. Kan biasa menteri dipanggil Presiden," ujarnya.

Prabowo diketahui juga telah bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Ahad (18/6/2023) lalu. Saat itu, pertemuan Prabowo dengan Jokowi dilakukan sambil makan siang bersama. Pertemuan itu diketahui setelah Prabowo mengunggah foto bersama di akun resmi Instagram miliknya.

Presiden Jokowi pun mengakui dalam pertemuan itu, dirinya dan Prabowo membicarakan politik. “Kemarin karena memang Pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting, ya hari Minggu jangan dipikir saya tidur hari Minggu. Jadi saya terima, saya terima, saya terima. Karena jamnya pas jam 1 ya,” ujar Jokowi, Senin (19/6/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengakui membahas terkait pilpres 2024 dan juga politik. “Ya utamanya soal politik, saya bicara apa adanya,” kata dia.

Menurut Jokowi, pertemuannya dengan Prabowo merupakan hal yang biasa dilakukan seperti pertemuannya dengan para menteri lainnya. Selain dengan Prabowo, Jokowi juga mengatakan sering makan siang atau makan malam bersama Menteri BUMN Erick Thohir maupun Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Sebelumnya saya juga makan dengan Pak Erick juga. Biasa, sering juga makan malam, makan siang dengan Pak Luhut juga sering. Cuma nggak diunggah,” ujarnya.

 

 

photo
Ke mana Jokowi berlabuh? - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement