Ahad 25 Jun 2023 08:15 WIB

Tim Investigasi Al Zaytun: Panji Gumilang tak Kooperatif-Dugaan Penyimpangan Benar Terjadi

Tim Investigasi rekomendasikan adanya proses hukum terhadap Panji Gumilang.

Rep: Muhyiddin/ Red: Reiny Dwinanda
Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang menyapa jurnalis saat tiba di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023). Panji Gumilang memenuhi panggilan tim investigasi bentukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Hal tersebut guna mengklarifikasi sejumlah isu kontroversial yang kini tengah viral terkait pondok pesantren di Indramayu tersebut.
Foto:

Dalam pertemuan itu, Panji juga mempertanyakan surat keputusan tim investigasi dan identitas anggota tim. "Terkait dengan kata 'investigasi' yang tercantum dalam surat undangan, dia (Panji) mempertanyakan makna dan pengertian kata 'investigasi' tersebut, tampaknya dia keberatan dengan istilah tersebut, begitu pula dengan istilah 'tabayun'," kata Kiai Badruzzaman.

Selain itu, menurut Kiai Badruzzaman, Panji juga mempertanyakan agenda acara yang tidak dilampirkan dalam surat undangan dan keberatan untuk melanjutkan proses klarifikasi. Panji kemudian meminta tim investigasi untuk melakukan klarifikasi di Al Zaytun dan meminta daftar permasalahan yang akan diklarifikasi agar dia dapat menyiapkan jawabannya.

"Akhirnya , tim menyerahkan daftar permasalahan yang sudah disiapkan kepada Beliau,disertai permintaan agar Panji Gumilang tidak lagi mengeluarkan pernyatan-pernyataan yang kontroversial untuk menjaga kondusivitas masayarakat Jawa Barat," kata Kiai Badruzzaman.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement