Jumat 23 Jun 2023 15:44 WIB

Unggul di Survei Pilgub Jateng, Gibran : Aku Ora Gagas Survei

Duet Gibran-Dico dinilai bagus untuk Pilkada Jawa Tengah 2024 mendatang.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
Rilis temuan survei Parameter Politik Indonesia bertajuk Peta Elektoral Pilkada Jateng 2024 menempatkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka unggul dibandingkan calon lainnya, Kamis (22/6/2023).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Rilis temuan survei Parameter Politik Indonesia bertajuk Peta Elektoral Pilkada Jateng 2024 menempatkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka unggul dibandingkan calon lainnya, Kamis (22/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka muncul sebagai nama yang paling diinginkan warga Jawa Tengah untuk menjadi gubernur Jateng jika Pilkada dilakukan saat ini. Hal ini merupakan temuan survei Parameter Politik Indonesia bertajuk 'Peta Elektoral Pilkada Jateng 2024' yang dilakukan pada rentang 2-11 Juni 2023.

Menanggapi hal tersebut, putra sulung presiden Jokowi tersebut mengaku belum merencanakan akan melangkah kemana. Ia juga mengaku tidak menggubris survei karena angkanya berbeda dan sudah terlalu banyak.

Baca Juga

"Nggak ada langkah mau kemana. Kan aku kan orang meh pie-pie, aku ora gagas survei, wis kokean (kebanyakan) survei kebanyakan angka beda-beda. Aku ora gagas survei," kata Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Jumat (23/6/2023).

Pihaknya juga mengaku belum melihat hasil survei yang dilakukan oleh Parameter Politik Indonesia. "Aku durung delok angka (diberi dengan Dico) berapa persen? Terbuka atau tertutup," ujarnya.

Ditanya apakah dirinya kaget seperti reaksi yang ditunjukkan oleh Bupati Kendal Dico Ganinduto terkait survei tersebut, Gibran malah berkelakar dan juga ikut kaget akan hal itu. "Yowes, aku yo kaget wes ngono wae," katanya.

Selain itu, disinggung soal hasil survei yang menempatkan dirinya di atas Taj Yasin, Gibran mengaku kaget. Namun, ia enggan memberikan komentar lebih banyak mengenai hal tersebut. "(Survei tertinggi dari Taj Yasin) Oh ya? Yoweslah ya (yaudah lah ya)," katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, Gibran berpeluang menang jika dipasangkan dengan nama-nama seperti mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi maupun Bupati Kendal Dico Ganinduto. "Duet Gibran-Dico barang bagus untuk Pilkada Jawa Tengah 2024 mendatang, sangat ideal karena keduanya gabungan tokoh muda populer,” katanya.

Terbukti, dari survei, duet Gibran dengan Dico jauh lebih unggul dibandingkan Gibran berduet dengan yang lainnya. Gibran-Dico mendapat 57.9 persen, Dico-Taj Yasin 53,9 persen dan Dico-Hendrar Prihadi 55 persen.

Adi menyebut, dari segi popularitas pada 11 tokoh yang diuji, tingkat keterkenalan Gibran Rakabuming Raka tertinggi dengan angka 77.0 persen. Diikuti oleh Taj Yasin Maimoen yang mampu menyabet angka 48,3 persen.

Sementara, popularitas mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berada di angka 37,9 persen. Bupati Kendal, Dico Ganinduto bisa mendapat 30,3 persen, dan Achmad Husein berada di angka 24,6 persen," kata Adi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement