Jumat 23 Jun 2023 00:00 WIB

Mahfud MD Dalami Sumber yang Pernah Aktif di Al Zaytun

Tim dalami posisi dan peran ponpes sebagai lembaga pendidikan dan oknum pengelola.

Rep: Muhyidin/ Red: Teguh Firmansyah
Menko Polhukam Mahfud Md.
Foto: epublika/Prayogi
Menko Polhukam Mahfud Md.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menindaklanjuti arahan Wapres KH Ma'ruf Amin terkait polemik Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat. Menurut Mahfud, saat ini pihaknya masih mendalami sumber lain yang pernah aktif di pesantren ini.

"Terkait banyaknya pertanyaan tentang Al Zaytun, saya sebagai Menko Polhukam masih mendalami dari sumber-sumber lain yang pernah aktif di pesantren ini," ujar Mahfud dikutip dari akun resmi Instagram Mahfud MD, @mohmahfudmd, Kamis (22/6/2023). 

Baca Juga

Rapat Eselon I Lintas Kementerian dan Lembaga di Kemenko Polhukam dengan tambahan penjelasan dari MUI, sudah dilakukan Rabu (21/6/23) kemarin. Selanjutnya, kata Mahfud, pihaknya akan memilah mana yang terkait dengan pembinaan pesantren dan mana yang pelanggaran hukum pidana.

"Selanjutnya kita akan memilah mana yang terkait dengan pembinaan pesantren yang santri-santrinya harus dijaga, dan mana yang terkait dengan pelanggaran hukum pidana," ucap Mahfud. 

"Kita akan mendalami posisi dan peran Ponpes sebagai lembaga pendidikan dan oknum yang terlibat dalam pengelolaan," kata menteri asal Madura ini. 

Tahun politik

Mahfud juga masih akan mengonfirmasi dengan tim Investigasi yang dibentuk oleh Gubernur Jawa Barat. Karena sudah memasuki tahun politik, dia juga akan memilah mana yang hukum dan politik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement