Kamis 22 Jun 2023 16:54 WIB

Pihak RSCM Ungkap Kendala Perawatan Fajri Sebelum Pria Berbobot 300 Kg Itu Meninggal

RSCM telah mengupayakan perawatan intensif pria berbobot 300 kg itu.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Muhammad Fajri, pasien RSCM berbobot 300 kilogram meninggal.
Foto: Dok Republika.co.id
Muhammad Fajri, pasien RSCM berbobot 300 kilogram meninggal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pihak RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengaku, telah mengupayakan perawatan intensif pada pasien obesitas hingga 300 kilogram asal Kota Tangerang selama dua pekan terakhir.  Namun kondisi Fajri memburuk dan akhirnya meninggal dunia pada Kamis (22/6) dini hari ini.

“Dirawat selama kurang lebih 14 hari oleh tim dokter multidisiplin, pasien atas nama MF telah meninggal dunia sekitar pukul 01.25 WIB dikarenakan infeksi multiple,” kata pihak RSCM dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/6/2023). 

Baca Juga

Dijelaskan RSCM, terapi multidisiplin terhadap almarhum dilakukan berbagai dokter ahli perawatan intensif dari paru, jantung, pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi medik, dan tenaga kesehatan lainnya. 

Bahkan, upaya untuk menstabilkan kondisi almarhum, diklaim RSCM, juga meliputi terapi antibiotik untuk infeksinya, terapi alat bantu pernapasan, jantung, ginjal, dan semua organ yang terganggu akibat gagal organ, multiple syok sepsis.  

“Kendala yang dihadapi selama perawatan pasien lebih ke arah ukuran dan berat badan. Mengupayakan mencari tempat tidur yang muat, memosisikan pasien, dan sulitnya melakukan prosedur diagnostik tertentu (tidak muat masuk MRI dan CT scan), dan lainnya,” lanjut pihak rumah sakit. 

Beberapa jam setelah almarhum dinyatakan meninggal, pemulasaran dilakukan tim Instalasi Forensik dan Pemulasaraan Jenazah RSCM yang terdiri dari 18 orang hingga pukul 05.00 WIB. Jenazah, lanjut RSCM, dimandikan dan dikafankan secara muslim. 

“Berdasarkan konfirmasi pihak keluarga, jenazah rencananya akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo dan akan diberangkatkan setelah ada kepastian kesiapan liang lahat dan menggunakan mobil jenazah Rumah Duka RSCM,” ucapnya. 

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Fajri (MF), laki-laki berbobot sekitar 300 kilogram (kg) dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat pada Kamis (22/6/2023) sekitar pukul 01.25 WIB. Dia mengembuskan napas terakhirnya, usai menjalani perawatan intensif di RSCM sejak Jumat (9/6/2023). 

Kabar meninggalnya Fajri telah dikonfirmasi RSCM. Humas RSCM Yogi mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi lebih lanjut mengenai informasi meninggalnya Fajri untuk diserahkan keluarganya di Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement