Ahad 18 Jun 2023 17:06 WIB

Kaisar Naruhito Kunjungi Depo MRT Jakarta, Dirut MRT: Dukungan Jepang tak Sebatas Dana

Kaisar Naruhito menyempatkan berdialog dengan salah satu masinis perempuan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus raharjo
Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito berkunjung ke Depo Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Ahad (18/6/2023).
Foto: dok PT MRT
Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito berkunjung ke Depo Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Ahad (18/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito berkunjung ke Depo Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Ahad (18/6/2023). Kunjungan ini diharapkan dapat mendorong dan mempercepat pembangunan MRT Jakarta fase 2.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan merasa terhormat atas kedatangan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito. Nantinya, hal ini dapat memerkuat hubungan persahabatan bertahun-tahun antara kedua negara.

Baca Juga

“Kami merasa terhormat atas kunjungan Kaisar Naruhito. Kunjungan ini memperkuat hubungan persahabatan bertahun-tahun antara kedua negara, terutama saat MRT Jakarta sedang membangun fase 2 meneruskan dukungan Pemerintah Jepang mewujudkan fase 1,” kata Tuhiyat di Jakarta, Ahad (18/6/2023).

Ia menambahkan dengan perhatian yang sangat baik ini akan memberi dorongan dan motivasi kepada pihak-pihak terkait untuk mempercepat penyelesaian pembangunan fase 2 dan fase-fase selanjutnya. "Dukungan Jepang tidak sebatas dana pembangunan sarana dan prasarana, melainkan transfer pengetahuan dan keterampilan yang menjadi standar kerja baru bagi industri perkeretaapian otomatis di Indonesia," kata dia.

Kaisar Hironomiya Naruhito tiba di Depo MRT Lebak Bulus sekitar pukul 10.30 WIB. Ia langsung menuju ruang OCC untuk melihat bagaimana tim MRT Jakarta melaksanakan tugasnya dalam pengoperasian ratangga.

Kaisar Hironomiya Naruhito berkesempatan melihat aktivitas di Pusat Kendali Operasi (operation control center/OCC), pekerjaan perawatan berat (heavy maintenance) di workshop dan area perawatan ringan (light maintenance).

Selanjutnya, Kaisar Hironomiya Naruhito mengunjungi area workshop untuk menyaksikan semi perawatan akhir (overhaul) kereta. Setelah itu, rombongan bergerak menuju area perawatan ringan di inspection shed.

Kaisar Naruhito menyempatkan berdialog dengan salah satu masinis perempuan. Terlihat suasana hangat di kabin ratangga.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan kunjungan Kaisar Hironomiya Naruhito ke MRT Jakarta merupakan simbol kerja sama antara Jepang dan Indonesia. "Yang Mulia Kaisar sangat terkesan dengan hasil kerja kolaborasi yang terjalin,” kata Kanasugi.

Selama berada di depo, Kaisar Naruhito didampingi oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Komisaris Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Dodik Wijanarko, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat, dan Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement