Ahad 18 Jun 2023 08:53 WIB

Ada Ustaz Abdul Somad di Masjid Al Jabbar, Polisi Perketat Keamanan

Ustaz Abdul Somad akan memberikan ceramah di Masjid Al Jabbar pada hari ini.

Ustaz Abdul Somad (UAS). Ustaz Abdul Somad akan memberikan ceramah di Masjid Al Jabbar pada hari ini.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ustaz Abdul Somad (UAS). Ustaz Abdul Somad akan memberikan ceramah di Masjid Al Jabbar pada hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Polrestabes Bandung mengantisipasi pengamanan dan kelancaran lalu lintas jamaah saat adanya ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Ahad (18/6/2023). Karena diprediksi akan ada puluhan ribu orang yang hadir.

Kapolsek Gedebage Kompol Kurnia mengatakan kegiatan UAS di masjid itu dijadwalkan dimulai pada malam hari, dengan agenda kegiatan, yakni ceramah, salat tahajud, hingga salat subuh. Sehingga menurutnya kegiatan itu berlangsung hingga waktu subuh.

Baca Juga

"Rencana ada 20-25 ribu orang, dari panitia itu, tapi kan tetap tidak bisa diprediksi bisa berkurang bisa lebih. Mudah-mudahan tidak terlalu banyak karena acaranya dari malam," kata Kurnia di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/6/2023).

Kurnia mengatakan antisipasi yang dilakukan mulai dari mengamankan lalu lintas orang berjalan kaki ke bangunan masjid serta mengamankan juga lalu lintas kendaraan di sekitar area Masjid Al Jabbar.

Meski begitu, menurut dia, polisi tidak akan menerapkan rekayasa lalu lintas tertentu pada saat adanya UAS. Karena, kata dia, pengalihan arus lalu lintas di masjid tersebut sudah dilakukan seperti biasanya.

"Arus pun dari arah Rancanumpang ke arah Cimencrang hanya diputarkan di sekitar Al Jabbar untuk mengurangi kemacetan," katanya.

Kurnia pun mengatakan selain berkoordinasi dengan panitia, pihak kepolisian juga dibantu oleh aparat TNI untuk melakukan pengamanan demi kenyamanan jemaah yang berkunjung. "Personel ada 21 orang dari Polsek dengan Polres yang berjaga. Ekstra pengecekan tidak ada karena panitia sudah, kami hanya mengamankan jalur yang masuk keluar," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement