Ahad 18 Jun 2023 01:21 WIB

Kawasan Industri Jababeka Resmikan Sarana Layanan Sepeda Listrik 

Terdapat 5000 unit Beam Rover di 50 spot parkir di kawasan Jababeka

Tampak salah satu kawasan ekonomi yang dikelola Jababeka GrouPerusahaan mobilitas mikro global, Beam Mobility,  bekerjasama dengan PT Jababeka Tbk meresmikan layanan ride-sharing sepeda elektrik di ka
Foto: dok jababeka
Tampak salah satu kawasan ekonomi yang dikelola Jababeka GrouPerusahaan mobilitas mikro global, Beam Mobility, bekerjasama dengan PT Jababeka Tbk meresmikan layanan ride-sharing sepeda elektrik di ka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan mobilitas mikro global, Beam Mobility,  bekerja sama dengan PT Jababeka Tbk meresmikan layanan ride-sharing sepeda elektrik di kawasan komersial dan hunian Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

Saat ini Beam Mobility menyediakan satu jenis armada, yaitu Beam Rover, dan sudah terdapat 500 unit armada Beam Rover yang tersedia, dengan 50 spot parkir yang tersebar di kawasan Jababeka.

General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Eric Limansantoso, mengatakan Kota Jababeka merupakan pengembangan kota mandiri yang matang, sekitar 60 persen telah dikembangkan dari total luas lahan 5.600 hektare. Ini adalah kota mandiri berbasis industri yang menampung lebih dari dua ribu perusahaan lokal dan multinasional dari lebih dari 30 negara.

“Dengan layanan Beam Mobility semakin memperkuat posisi kami sebagai kota mandiri modern di Indonesia melalui penerapan layanan transportasi ramah lingkungan,” ujarnya dalam keterangan tulis, Sabtu (17/6/2023).

Manajemen Jababeka sangat mendukung upaya Beam Mobility memperkenalkan layanan armada mikro mobilitas ramah lingkungan di Kota Jababeka. Setelah diujicobakan selama kurang lebih sebulan terakhir, pihaknya melihat perubahan signifikan dari masyarakat di Jababeka, salah satunya adalah penggunaan armada Beam khususnya oleh mahasiswa dan mahasiswi. 

“Dan tentu hal ini sejalan dengan upaya kami dalam memberikan fasilitas terbaik bagi penghuni Kota Jababeka serta mendukung program Langit Biru yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Country Manager Beam Mobility Indonesia, Devraj Sathivelu  menambahkan, setelah melakukan sosialisasi serta uji coba layanan armada  pada bulan lalu, antusiasme masyarakat Jababeka sangat tinggi terhadap Beam Mobility. Telah terjadi lonjakan jumlah pengguna yang terdaftar hingga saat ini yang berasal dari Jababeka dan jumlah ini terus meningkat tiap harinya, khususnya pada saat akhir pekan. 

“Sebagai ilustrasi, rata-rata dalam setiap empat menit terdapat pengguna baru yang mendaftar selama masa uji coba kami. Selain itu, guna mengakomodir pengguna lebih baik lagi di Jababeka, kami juga meresmikan warehouse Beam Mobility pertama di kawasan Jababeka, warehouse ini nantinya akan berfungsi untuk penyimpanan unit serta suku cadang yang dibutuhkan,” ucapnya.

Saat ini, Beam Mobility telah mengoperasikan layanan berbagi skuter dan sepeda elektrik di lebih dari 60 kota di Australia, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Korea, dan Turki. Di Indonesia, Beam Mobility telah hadir di beberapa kota dan wilayah termasuk Bogor dan Bali. 

Adapun layanan Beam juga telah tersedia di beberapa kawasan hunian, seperti Tangerang Selatan serta kawasan pendidikan seperti Universitas Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement