Rabu 14 Jun 2023 23:52 WIB

Polisi Tangkap Ibu Rumah Tangga di Cirebon yang Jadi Pelaku TPPO

Tersangka menjanjikan calon korbannya pekerjaan di luar negeri yang bergaji tinggi.

Tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) (ilustrasi). Seorang ibu rumah tangga di Cirebon ditangkap karena menjadi pelaku TPPO.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) (ilustrasi). Seorang ibu rumah tangga di Cirebon ditangkap karena menjadi pelaku TPPO.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kepolisian Resor Cirebon Kota, Jawa Barat, menangkap seorang terduga pelaku tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Modus yang dilakukan tersangka yaitu menjanjikan calon korbannya pekerjaan di luar negeri yang bergaji tinggi.

"Kami menangkap calo yang memberangkatkan korban ke Arab Saudi secara ilegal," kata Kapolres Cirebon Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Ariek Indra Sentanu saat merilis kasus TPPO di Mapolres Cirebon Kota, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga

Pelaku TPPO yang ditangkap merupakan seorang ibu rumah tangga berinisial D (44) yang kesehariannyamenjadi calo pekerja migran ilegal. Ariek mengatakan, pelaku merupakan warga Kabupaten Indramayu, sedangkan satu pelaku lainnya berinisial R (60) yang melarikan diri masih dalam pengejaran.

Dia menjelaskan tersangka D merekrut calon korban untuk diberangkatkan ke luar negeri dengan cara membujuk dan menjanjikan kepada korban gaji besar sekitar Rp 4,7 juta setiap bulannya. "Pelaku mendapatkan uang Rp 3 juta setiap kali mendapatkan satu pekerja migran," kata Ariek.

Dia mengatakan, korban diberangkatkan oleh tersangka dan komplotannya menggunakan visa kunjungan 30 hari. Kemudian korban berangkat pada tahun 2021 ke Arab Saudi.

Namun, saat bekerja di Arab Saudi m, korban sakit dan dipulangkan ke kampung halamannya, kemudian melaporkan pelaku ke polisi karena merasa telah menjadi korban TPPO.

"Kami masih mengejar satu orang lagi. Sementara untuk korban yang melaporkan ada dua orang," katanya.

Ariek mengatakan, kasus TPPO saat ini sedang menjadi perhatian khusus sehingga pihaknya meminta kepada semua pekerja migran, khususnya yang merasa menjadi korban, agar segera melapor. "Jangan takut untuk melaporkan kasus TPPOkarena kami pastikan akan memprosesnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement