Rabu 14 Jun 2023 00:02 WIB

PDIP tidak 'Pede' Usung Ganjar, All Jokowi Man, dan Anies Justru Jadi Usulan Ulama

PDIP dinilai tak pede usung Ganjar dan memaksakan All Jokowi Man dan singkirkan Anies

Rep: Fauziah Mursid/Ali Yusuf/ Red: Bilal Ramadhan
Kader PDI Perjuangan (ilustrasi). PDIP dinilai tak pede usung Ganjar dan memaksakan All Jokowi Man dan singkirkan Anies
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Kader PDI Perjuangan (ilustrasi). PDIP dinilai tak pede usung Ganjar dan memaksakan All Jokowi Man dan singkirkan Anies

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuai pro dan kontra. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan ini karena PDIP melihat Prabowo dan Anies sebagai lawan kuat dari Ganjar.

"Apakah belum cukup pede ya dalam konteks di koalisi Ganjar, ya mungkin-mungkin saja lawan politiknya berat, kan ada Prabowo ada Anies Baswedan," ujar Ujang, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga

Ujang menambahkan, ancaman khususnya berlaku untuk Anies yang merupakan representasi capres oposisi. "Itu di oposisi biasanya kalau pemerintahnya tidak bagus dan pemerintahnya tidak disenangi rakyat maka ya kemungkinan keberpihakan rakyat itu kepada oposisi," ujar dia

Karena itu, dia menilai berbagai manuver yang dilakukan PDIP bisa jadi belum yakin sepenuhnya terhadap tingkat elektoral Ganjar.

"Jadi kalau koalisi pemerintah yakni Ganjar dan PDIP masih kurang percaya diri ya maka pihak lain, katakanlah bejana lain itu akan mendapatkan dukungan publik, makanya digoyang-goyang, koalisi perubahan makanya dijegal dan dengan politik hal itu tidak aneh dalam jegal-menjegal," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement