Kamis 08 Jun 2023 16:16 WIB

Bupati OKU Timur, Lanosin Fokus Mewujudkan Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia

Bupati OKU Timur terus melakukan peningkatan kualitas SDM dan kemudahan akses layanan

Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), sebuah daerah yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, di bawah kepemimpinan Ir Lanosin terus giat berbenah.
Foto: Pemkab OKU Timur
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), sebuah daerah yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, di bawah kepemimpinan Ir Lanosin terus giat berbenah.

REPUBLIKA.CO.ID, OGAN KOMERING ULU TIMUR -- Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), sebuah daerah yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, di bawah kepemimpinan Ir Lanosin terus giat berbenah dan melakukan berbagai upaya untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Berfokus pada pembangunan yang berkelanjutan serta peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, Bupati Lanosin telah membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten OKU Timur.

Sektor infrastruktur menjadi perhatian Lanosin dalam kepemimpinannya, seperti pada awal Tahun 2023 telah diresmikan enam pembangunan proyek infrastruktur di Kabupaten OKU Timur yang dibangun pada 2022. Pembangunan infrastruktur tersebut dilakukan untuk mempercepat pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan, peningkatan konektivitas, pelayanan masyarakat, dan peningkatan pengelolaan potensi daerah.

Baca Juga

Pada 19 September 2021, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meluncurkan Program Kemuliaan, salah satu inisiatif yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur. Program yang diresmikan meliputi pemberian insentif untuk pengurusan jenazah, penjaga makam, pendidikan mingguan, dan santunan kematian.

Insentif tersebut tidak hanya diberikan kepada Mudin dan pengurus makam, tetapi juga kepada Guru Ngaji. Karena di OKU Timur terdapat lima agama, maka insentif ini diberi nama insentif guru agama non formal. Menurut Bupati OKU Timur, insentif tersebut diberikan secara proporsional dan tepat sasaran.

Lanosin juga terus melakukan peningkatan kualitas SDM dan kemudahan akses layanan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan, pemerataan sarana prasarana pendidikan dan peningkatan literasi masyarakat tidak luput dari perhatian. Semenjak menjabat dari tahun 2021, Laosin mendapatkan puluhan penghargaan baik itu ditingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Penghargaan-penghargaan tersebut didapatkan di berbagai bidang seperti Pendidikan, pangan, lingkungan, pelayanan publik, akuntabilitas kinerja, pengelolaan keuangan yang baik dan berbagai bidang lainnya.

photo
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), sebuah daerah yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, di bawah kepemimpinan Ir Lanosin terus giat berbenah. - (Pemkab OKU Timur)

Berbagai penghargaan itu antara lain, Anugerah kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI, penghargaan Indonesia Visionary Leader dan penghargaan dari LEPRID atas rekor program pemberdayaan ekonomi pertanian rakyat, penghargaan Kinerja dalam Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau Wilayah Kota Tahun 2022 (Adipura) dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, penghargaan Satya Lancana Karya Satya X Tahun 2022 dari Presiden Repulik Indonesia, Desa Terbaik Nomor 4 Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) 2022 Kategori Desa Berkembang dari Menteri PAN RB & Kepala BPS Pusat, Penuntasan Penurunan Angka Stunting tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan-penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi dari kerja nyata Pemkab OKU Timur dibawah pimpinan Lanosin.

Selama tahun 2023 ini Pemkab OKU Timur akan melaksanakan berbagai agenda untuk merespon berbagai isu terutamanya adalah memperkuat sektor pertanian dan sektor pembangunan lainnya, meningkatkan kualitas infrastruktur. Semua agenda-agenda memiliki pengelolaan yang baik hal ini terlihat dari kesuksesan mempertahankan WTP 11 Kali Berturut-turut dari BPK. 

Di tengah upaya pemkab OKU Timur untuk membangun Kabupaten OKU Timur yang lebih baik, Lanosin di berbagai kesempatan terus mengajak dan mengingatkan semua pihak serta masyarakat di Kabupaten OKU Timur untuk terus bersinergi dalam mengawal pembangunan daerah untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan untuk mewujudkan Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement