Rabu 07 Jun 2023 18:19 WIB

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Memilih jurusan yang tepat adalah titik awal untuk kesuksesan masa depan anda.

Lima cara memilih jurusan yang tepat.
Foto: Universitas BSI
Lima cara memilih jurusan yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Memutuskan jurusan kuliah seharusnya tidak sulit bagi seseorang yang telah mempersiapkan diri dengan matang dan memahami berbagai jurusan yang ada di perguruan tinggi. Situasinya berbeda dengan lulusan baru baik sekolah menengah maupun sekolah kejuruan, yang tidak cukup siap.

Tentu saja, ada kebingungan yang melekat dalam menentukan jurusan mana yang tepat. Memilih jurusan yang tepat adalah titik awal untuk kesuksesan masa depan anda.

Tentu saja, pemilihan jurusan yang tepat bagi calon mahasiswa memberikan banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah dengan membuat proses perkuliahan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Ini membuatnya lebih mudah untuk mengeluarkan potensi diri mereka. Untuk dapat mencapai hal tersebut, yuk simak 5 cara memilih jurusan yang tepat berikut ini:

 

 1. Tidak memilih Jurusan Karena Ikut-Ikutan 

Untuk memilih jurusan kuliah, tentunya kita tidak boleh hanya karena ikut-ikutan teman, karena tiap individu tentunya memiliki potensi, minat dan bakatnya masing-masing. Karena apabila memilih jurusan karena ikutan teman, bisa menyebabkan terjadinya kebosanan saat menjalani kuliah dan mengakibatkan tidak betah ketika kuliah.

 2. Ketahuilah Passion kamu 

Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah, mengetahui passion yang ada pada diri masing-masing. Passion merupakan tindakan yang dilakukan seseorang sesuai dengan motivasi dan keinginannya. Sebagian orang juga menyebutkan passion adalah tujuan hidup dan panggilan dari hati.

Untuk menemukan passion, kamu bisa memulainya dengan memikirkan aktivitas apa yang kamu sukai dan membuatmu senang ketika membicarakannya. Misalkan kalian suka dengan pemrograman computer, kalian bisa ambil jurusan Sistem Informasi. Yang mana Jurusan Sistem informasi menjadi salah satu jurusan favorit yang ada di Universitas Bina Sarana Informatika.  

 3. Konsultasi dengan yang Berpengalaman 

Dalam menentukan jurusan kuliah,pada awalnya terkadang kita mengalami kebingungan dalam memilih jurusan yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya kita dapat berkonsultasi dengan orang lain seperti orang tua, saudara, Guru BK, ataupun teman yang berpengalaman dibidang perkuliahan atau perguruan tinggi. Kalian dapat bertanya tentang pengalaman saat kuliah dengan jurusan yang mereka pilih, baik peluang kerja setelah lulus nanti.

 4. Lakukan Tes Minat Bakat 

Melakukan tes minat dan bakat menjadi salah satu cara agar kita dapat mengetahui minat dan bakat yang ada pada diri kita. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif dan ketertarikan atau minat, sehingga dapat membantu kamu dalam menentukan jurusan dengan tepat. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui peluang karier apa saja yang bisa kamu tekuni di masa depan.

 5. Pertimbangkan Peluang Karir 

Dalam menentukan jurusan kuliah, tentunya kita juga harus melihat peluang karir yang ada setelah lulus nanti. Kalian bisa mencari tahu tentang informasi lulusan dari jurusan tertentu yang saat ini dicari oleh dunia kerja. Misalkan seperti lulusan jurusan sistem informasi, bisa menjadi seorang programmer, data analys, analis sistem, Database Administrator, dan masih banyak lainnya dibidang IT. Yang mana semua instansi tentunya membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Untuk dapat kuliah dijurusan Sistem Informasi, kalian bisa ambil jurusan Sistem Informasi yang ada di Universitas Bina Sarana Informatika.

Sardiarinto selaku Marketing dan Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta mengatakan banyak orang yang masih bingung dengan jurusan yang sudah dipilihnya tepat atau malah keliru. Bahkan, ada juga sebagian orang yang tetap menjalani perkuliahan meski sudah merasa berada di jurusan yang salah.

“Generasi muda akan menjadikan kuliah sebagai solusi untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang luas. Dengan berkuliah, generasi muda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Mulai dari menambah wawasan, membentuk karakter dan mengembangkan diri serta peluang berkarir menjadi lebih terbuka lebih luas,” katanya. 

Ia menambahkan, semua keputusan yang diambil dalam menentukan  jurusan kuliah yang tepat tentu berdasarkan dari keinginan diri sendiri. Kuncinya adalah tinggal memantapkan hati dengan keyakinan kalau sudah berada di jurusan kuliah yang tepat. 

“Untuk kamu yang masih bingung memilih tempat kuliah, Universitas BSI kampus Yogyakarta dapat menjadi pilihan utama. Kamu hanya perlu mengunjungi link pendaftaran https://pendaftaran.bsi.ac.id atau melalui aplikasi mobile PMB Universitas BSI  yang dapat diunduh di Google Play Store,” ujarnya. 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement