Selasa 06 Jun 2023 15:57 WIB

Pengumuman Cawapres Terlalu Lama Dinilai Penyebab Elektabilitas Anies Terjun Bebas

Pengamat sebut cawapres yang lama diumumkan penyebab elektabilitas Anies turun.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Anies Baswedan. Pengamat sebut cawapres yang lama diumumkan penyebab elektabilitas Anies turun.
Foto:

Faktanya, lanjut Yusak, dua kali pilpres karena masa jabatan presiden sudah dibatasi dua periode, yang lazim terjadi ada semangat perubahan. Artinya, memang akan selalu ada semangat ingin mengganti presiden baru.

"Ini yang harus ditangkap teman-teman di Koalisi Perubahan," ujar Yusak.

Dulu, ia mengingatkan, ketika zaman SBY akan berakhir, muncul figur antitesa dari SBY dan menang. Maka itu, Koalisi Perubahan harus sudah masuk ke ranah itu, menerjemahkan narasi-narasi perubahan lebih konkret.

Syaratnya, harus melakukan upaya-upaya korektif atau evaluasi terhadap program-program pemerintahan Jokowi. Walaupun approval rating Jokowi masih tinggi, terutama sektor ekonomi, persoalan lain masih banyak.

Terutama, sektor penegakan hukum yang masih harus dikonsolidasikan lagi agar lebih maksimal. Ia merasa, semakin sering Anies mengambil posisi mengambil ruang melakukan koreksi akan disambut dengan baik masyarakat.

"Karena memang positioning Koalisi Perubahan untuk Persatuan ada di situ, sebagai penantang dua capres yang ada dan secara politik mendapat dukungan dari Presiden Jokowi," kata Dekan Fisip Universitas Sutomo ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement