Selasa 06 Jun 2023 14:37 WIB

Megawati Sebut Ada Pihak Tutup Mata Atas Pembangunan Jalan Era Jokowi, Sindir Anies?

"Ya saya pikir itu orang itu kurang bijaksana," ujar Megawati.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (tengah) berbincang dengan Presiden Joko Widodo (kiri) dan Bakal Capres Ganjar Pranowo (kanan) saat berlangsungnya Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023). Rakernas PDI Perjuangan yang berlangsung 6-8 Juni 2023 itu mengangkat tema fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
Foto:

Sebelumnya, saat acara Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta pada Sabtu (20/5/2023) lalu, bakal calon presiden (capres) Anies Rasyid Baswedan menyinggung pembangunan jalan nasional. Pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pembangunan jalan nasional lebih banyak dari pada era Jokowi.

Jokowi menurut Anies lebih banyak membangun jalan tol alias jalan berbayar. Sedangkan pada masa pemerintahan SBY, lebih banyak pembangunan jalan nasional yang dapat dilalui semua rakyat secara gratis.

"Pemerintah kali ini berhasil membangun jalan tol terpanjang di periode sebelumnya, 63 persen dari seluruh jalan tol berbayar di Indonesia itu dibangun di masa sekarang, sepanjang 1.569 km dari total 2.499 km, itu adalah jalan berbayar," ucap Anies.

Namun, kata Anies, bagaimana dengan jalan tak berbayar yang bisa digunakan seluruh masyarakat tanpa ada biaya tambahan lainnya. Era Jokowi hanya berhasil membangun jalan kurang lebih sepanjang 19.000 kilometer.

"Saya bandingkan dengan pemerintahan yang lalu, di jaman pak SBY jalan tak berbayar yang dibangun sepanjang 144.000 atau 7,5 kali lipat," katanya.

photo
Bakal calon wapres pendamping Anies. - (Republika/berbagai sumber)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement