Ahad 04 Jun 2023 17:13 WIB

Indikator: Elektabilitas Erick Thohir Meningkat Tajam Seusai Timnas Juara SEA Games

Responden menilai Erick Thohir berperan besar membawa timnas juara SEA Games 2023.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Ketum PSSI Erick Thohir cek kesiapan stadion Manahan untuk laga penyisihan AFC U23, Ahad (4/6/2023).
Foto: Republika/Alfian
Ketum PSSI Erick Thohir cek kesiapan stadion Manahan untuk laga penyisihan AFC U23, Ahad (4/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei terbaru Indikator Politik Indonesia mendapati Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi. Elektabilitas Ketua Umum PSSI itu melonjak karena publik menilai dia berperan besar membawa Timnas Sepak Bola Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023. 

Dalam survei nasional yang digelar 26-30 Mei 2023 itu, elektabilitas Erick mengungguli 17 nama cawapres lainnya. Dia menduduki posisi pertama dengan tingkat keterpilihan 15,5 persen. Padahal, dalam survei Indikator Politik Indonesia pada awal Mei, Erick berada di urutan ketiga. 

Baca Juga

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, peningkatan elektabilitas Erick Thohir ini berkaitan erat dengan kepemimpinannya di PSSI meski baru menjabat empat bulan. Berkorelasi pula dengan keberhasilan Timnas Sepak Bola Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 pada 16 Mei lalu. 

"Artinya, efek bola ini cukup menjelaskan mengapa elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres meningkat tajam. Tentu tidak semata-mata mata bola (karena) beliau kan multitasking sebagai menteri BUMN, pernah menjadi Ketua Asian Games dan lain-lain. Tetapi dari data yang tersedia sekarang, penjelasannya ya bola," kata Burhanuddin ketika merilis hasil surveinya secara daring, Ahad (4/6/2023). 

Burhanuddin menuturkan, sebanyak 67,8 persen responden atau masyarakat mengetahui Erick sebagai Ketua Umum PSSI. Dari semua responden yang mengetahui itu, mayoritas atau 20,4 persen di antaranya memilih Erick sebagai cawapres. 

Lalu, dari responden yang mengetahui Erick Thohir merupakan Ketua Umum PSSI, sebanyak 77 persen di antaranya mengaku sangat puas dan cukup puas dengan kinerjanya memimpin federasi sepak bola Indonesia itu. Mayoritas atau 23 persen dari responden yang puas itu memilih Erick Thohir sebagai cawapres. 

Selanjutnya, sebanyak 74,8 persen responden mengetahui Timnas Indonesia meraih emas SEA Games. Mayoritas atau 16,2 persen dari responden yang mengetahui Indonesia menang SEA Games memilih Erick sebagai cawapres. 

Terakhir, responden yang mengetahui Timnas juara, meyakini Erick Thohir berperan besar mengantarkan Indonesia menjuarai cabang olahraga sepak bola itu. "Sebagian besar, yakni 77,2 persen setuju bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir berperan besar di balik keberhasilan Timnas Indonesia menjadi juara SEA Games," kata Burhanuddin. 

Dari 77,2 persen yang meyakini Erick berperan besar itu, sebanyak 17,8 persen di antaranya memilih Erick sebagai cawapres. Angka 17,8 persen itu merupakan mayoritas karena yang memilih nama lain seperti Ridwan Kamil dan Mahfud MD jumlahnya lebih kecil. 

Survei nasional Indikator Politik Indonesia ini melibatkan 1.230 responden dari seluruh Indonesia. Responden dipilih dengan metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak. Wawancara dilakukan via telepon. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement