Ahad 04 Jun 2023 16:24 WIB

PDIP Tegaskan Ganjar akan Lanjutkan Proyek IKN

PDIP menegaskan capres Ganjar Pranowo adalah satu kesatuan dengan Jokowi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Penyematan blangkon khas Cirebon oleh Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran, yang masih keluarga Keraton Kacirebonan kepada Ganjar Pranowo.
Foto: Dok. Web
Penyematan blangkon khas Cirebon oleh Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran, yang masih keluarga Keraton Kacirebonan kepada Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo merupakan satu kesatuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ganjar dipastikannya akan melanjutkan pembangunan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Inilah sejatinya bahwa yang namanya Presiden Jokowi dan kemudian Pak Ganjar satu kesatuan. IKN beres, karena itu sudah digagas oleh Bung Karno. Kemudian hilirisasi-hilirisasi, beres akan dilanjutkan," ujar Hasto dalam pidato pembukaan konsolidasi yang digelar DPD PDIP Jakarta, di Basket Hall Senayan, Jakarta, Ahad (4/6/2023).

Baca Juga

Ganjar disebutnya juga sebagai sosok pemimpin yang akan membawa Indonesia mandiri di sektor ekonomi. Termasuk dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa di kancah internasional.

"Dengan cara pandang geopolitik Soekarno akan dilanjutkan oleh Bapak Ganjar Pranowo. Kemudian juga membangun konektografi, saudara-saudara sekalian, membangun koridor-koridor strategis akan dipastikan di tangan Pak Ganjar Pranowo menjadi satu kesatuan kemajuan," ujar Hasto.

Pencoblosan pemilihan presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024, jelasnya, tinggal 254 hari lagi. Butuh kerja sama dan gotong royong dari setiap elemen PDIP untuk memenangkan Ganjar di kontestasi nasional tersebut.

Gotong royong tersebut juga membutuhkan dukungan dari partai politik lain dalam proses pemenangannya. Ia mengatakan, partai politik yang menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi menjadi prioritas utama PDIP dalam berkoalisi.

"Kami bertemu dengan Golkar, bertemu dengan Gerindra, bertemu dengan PKB, PPP, PAN, juga Partai Perindo, dan partai-partai yang dikobarkan oleh semangat untuk memenangkan Pak Ganjar Pranowo," ujar Hasto.

Sebelumnya, Ganjar menghadiri peresmian Kantor Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP). Dalam pidato peresmiannya, ia menyampaikan dua hal kepada ratusan relawan yang hadir.

Pertama adalah menyampaikan program dan pandangan darinya dan partai politik pengusung kepada masyarakat. Termasuk mendengarkan aspirasi masyarakat untuk merumuskan visi ke depan.

"Dua, ada swing voters suara yang bergeser-geser yang itu tentu saja punya potensi untuk kita ajak bicara. Maka tolong Bapak/Ibu bisa berkomunikasi dengan mereka, tapi ada suara yang sangat besar, yaitu pemilih pemula," ujar Ganjar di Kantor Sekretariat TKRPP, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Selain itu, ia juga menugaskan kepada para relawan untuk meraup suara dari pemilih muda atau generasi Z pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Sebab, kontestasi mendatang merupakan ajang pertama mereka untuk mencoblos calon pemimpinnya.

"Mereka adalah golongan yang masuk generasi Z, mereka adalah para skaters, mereka adalah para youtuber, mereka adalah kelompok yang suka coding dan mereka adalah pemotong rambut," ujar Ganjar.

"Mereka yang berbisnis cuci sepatu, mereka yang punya hobi dalam komunitas olahraga, seperti lari, seperti sepeda, itulah generasi Z yang butuh mendapatkan tempat. Satu lagi mereka banyak berada di desa, tapi belum kita sentuh," sambungnya mengingatkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement