Sabtu 03 Jun 2023 15:40 WIB

Pabrik Gula Assembagoes Sudah Giling Tebu 54.323 ton dalam Dua Pekan

Pabrik beli tebu petani, musim giling 2023 di harga rata-rata Rp 63 ribu per kuintal.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pabrik Gula Assembagoes di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.
Foto: Antara
Pabrik Gula Assembagoes di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Manajemen Pabrik Gula (PG) Assembagoes Situbondo, mencatat pada musim giling tahun ini, periode 18 Mei sampai 2 Juni 2023 atau sekitar dua pekan terakhir, pabrik sudah menggiling tebu sebanyak 54.323 ton. Sejak dimulainya musim giling pada 18 Mei 2023 rata-rata per hari PG Assembagoes mampu menggiling tebu 3.500 ton sampai dengan 3.800 ton per hari.

Adapun target giling ditetapkan 4.000 ton per hari. "Alhamdulillah sampai dengan hari ini giling tebu berjalan lancar, dan sementara tidak ada kendala dalam pelaksanaan musim giling tahun ini," ujar General Manajer PG Assembagoes Situbondo, Mulyono di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (3/6/2023).

Mulyono mengaku, bersyukur setiap hari sejak dimulainya musim giling pasokan bahan baku tebu terus didukung oleh petani di wilayah Situbondo dan sekitarnya. Sehingga pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI itu mampu menyentuh target giling tebu 4.000 ton per hari. "Dari awal giling, PG Assembagoes rata-rata mampu menggiling tebu 3.700-3.800 ton per hari, dan beberapa hari lalu juga sempat giling tebu tembus 4.000 ton per hari," katanya.

Dia menerangkan, Pabrik Gula Assembagoes PTPN XI di Situbondo menargetkan produksi gula pasir pada musim giling tahun 2023 sebanyak 37 ribu ton. "Sementara target rendemen atau kandungan gula dalam batang tebu 7,56 persen. Sedangkan target giling tebu sekitar 5 juta ton dari luas lahan tanaman tebu 6.000 hektare milik petani dan PG Assembagoes," kata Mulyono.

 

Target produksi gula pasir dan rendemen di PG Assembagoes bisa tercapai atas dukungan dan kerja sama yang baik dengan Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) dan para petani tebu serta seluruh pemangku kepentingan lainnya. Pada musim giling 2023, PG Assembagoes Situbondo diperkirakan akan beroperasi giling tebu sampai dengan bulan September atau Oktober mendatang.

Sementara itu, APTR Cabang Kecamatan Asembagus mengapresiasi manajemen PG Assembagoes. Hal itu karena pabrik telah membeli tebu petani pada musim giling tahun 2023 dengan harga rata-rata Rp 63 ribu per kuintal.

"Kami apresiasi PG Assembagoes karena mampu memberikan dan meningkatkan kesejahteraan petani tebu pada musim giling tahun ini," ujar Ketua APTR Cabang Kecamatan Asembagus, Situbondo, H Anggi Iryanto di Situbondo, Sabtu.

Dia menyampaikan optimistis PG Assembagoes mampu mencapai target giling tebu musim giling 2023 sebanyak lima juta kuintal, dan target produksi gula pasir 37 ribu ton. Pasalnya, petani tebu di wilayah PG Assembagoes, yang mencakup Kecamatan Jangkar, Asembagus, dan Banyuputih akan terus berkomitmen menggiling tebunya ke pabrik gula yang terletak di Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus itu.

"Kami yakin petani tebu akan terus memasok atau menggiling tebunya ke PG Assembagoes, karena selain harganya berpihak atau sangat menguntungkan petani, juga pembayarannya juga normal (tidak terlambat) sepekan satu kali," ujar Anggi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement