Kamis 01 Jun 2023 19:12 WIB

Generasi Z Saatnya Jadi Programmer

Di era digital, programmer memainkan peran penting dalam mengembangkan teknologi.

Kemajuan teknologi memicu semakin banyaknya perusahaan yang membutuhkan pekerja yang mempunyai kemampuan di bidang IT, khususnya dalam bidang programming.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kemajuan teknologi memicu semakin banyaknya perusahaan yang membutuhkan pekerja yang mempunyai kemampuan di bidang IT, khususnya dalam bidang programming.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Saat ini kebutuhan akan programmer semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Kemajuan teknologi memicu semakin banyaknya perusahaan yang membutuhkan pekerja yang mempunyai kemampuan di bidang IT, khususnya dalam bidang programming.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin cepat, seorang programmer harus senantiasa memperbarui kemampuan dan pengetahuan untuk memenuhi tuntutan pasar. Mereka harus mampu mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia teknologi, seperti bahasa pemrograman baru, framework, dan teknologi terbaru.

Baca Juga

Selain itu, sebagai seorang programmer masa kini, mereka juga harus mampu bekerja dengan tim dan mengkomunikasikan ide dan gagasan dengan baik. Keterampilan interpersonal dan kemampuan bekerja dalam tim sangat diperlukan pada dunia kerja sekarang ini.

Kebutuhan akan programmer yang handal dan terampil tidak hanya terbatas pada perusahaan teknologi, melainkan hampir semua perusahaan membutuhkan programmer untuk membantu mengembangkan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional.

Kemampuan seorang programmer dapat membantu perusahaan dalam membuat program dan sistem yang dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang, mengembangkan aplikasi dan situs web yang dapat memudahkan pelanggan, dan meningkatkan keamanan data.

Dalam era digital seperti sekarang, programmer memainkan peran penting dalam mengembangkan teknologi yang akan membawa dunia ke depan. Oleh karena itu, menjadi programmer yang handal dan terampil adalah salah satu karier yang menjanjikan dan penuh potensi di masa kini dan masa depan.

Menurut Ahmad Fauzi, yakni seorang dosen di Kampus Digital Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Solo, salah satu solusi yang bisa diambil untuk menjadi programmer handal adalah dengan kuliah di jurusan Sistem Informasi.

“Universitas BSI Kampus Solo merupakan salah satu perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Sistem Informasi dengan program pendidikan yang berkualitas dan terkini. Universitas BSI Kampus Solo sendiri terletak di wilayah tengah Kota Surakarta yang di dekat dengan beberapa fasilitas umum seperti  kuliner dekat kampus solo dan masjid dekat kampus solo,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement